Tingkatkan Produktivitas UMKM dengan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Teknologi

- 17 Oktober 2022, 13:47 WIB
Deputi Direktur Ibisma UII Bagus Panuntun dalam acara Workshop Proyeksi dan Strategi Pengembangan Bisnis
Deputi Direktur Ibisma UII Bagus Panuntun dalam acara Workshop Proyeksi dan Strategi Pengembangan Bisnis /Chandra Adi N/@portaljogja.com/

 

PORTAL JOGJA - Produktivitas UMKM yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih rendah berdasarkan data dari Bapenas. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Sri Nurkyatsiwi saat membuka acara Workshop Proyeksi dan Strategi Pengembangan Bisnis bagi startup di Yogyakarta Senin 17 Oktober 2022.

"Artinya ada sesuatu rendahnya ini darimana, ternyata ada yang kami sebutkan adalah kontinuitas, dari sisi kualitas dan kuantitas," kata Sri Nurkyatsiwi.

Untuk itu Sri Nurkyatsiwi mengatakan perlunya para pelaku UMKM untuk bergabung dalam sebuah koperasi dan tidak berjalan sendiri-sendiri.

Baca Juga: Mahasiswi IPB yang Terseret Banjir Jasadnya Ditemukan Hanyut Sejauh 80 Km

"Di DIY ada koperasi yang pastinya ini menjadi peluang bagaimana kita bergabung dalam usaha ini tidak sendiri-sendiri tapi bersatu dalam sebuah wadah yang jelas, berbadan hukum," katanya.

Menurut Sri Nurkyatsiwi pihaknya memiliki target 15 koperasi modern yang didukung melalui dana keistimewaan.

"Kami dukung kami support revitalisasi koperasi melalui PAD nya, melalui pendiriannya, terus kita kawal, kamipun membangun sebuah klinik namanya klinik koperasi," tambah Sri.

Deputi Direktur Ibisma UII Bagus Panuntun menyatakan kesiapannya dalam membantu Pemda DIY dalam upaya meningkatkan jumlah pelaku usaha.

Saat ini program yang sudah berjalan adalah pemberian pendampingan atau inkubasi bisnis bagi pelaku usaha baru, start up yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM. 

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x