Mengenal Investasi Reksa Dana, Kerugian dan Risikonya

- 11 Agustus 2021, 06:38 WIB
Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi /INT/

PORTAL JOGJA - Salah satu rekomendasi investasi bagi pemula adalah Reksa Dana. Keuntungan dan kemudahan dari investasi jenis ini modal yang kecil.

Kemudian dana investor dikelola oleh manejer yang sudah profesional menjadi kelebihan dari Reksa Dana. Dari sinilah selanjutnya muncul berbagai platform aplikasi yang menawarkan kemudahan investasi dengan modal kecil.

Meskipun demikian terdapat juga kelemahan yang berdampak pada kerugian. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting mendapatkan perhatian sebelum memutuskan berinvestasi.

Alasannya Reksa Dana juga memiliki potensi kerugian atau risiko. Dilansir Portal Jogja dari laman abisgajian.id menyebutkan bahwa Reksadana tidak ada jaminan keuntungan.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans7 Rabu 11 Agustus 2021 : Jangan Lewatkan Dialog Mata Najwa dan Lapor Pak

Hal terjadi pada Reksadana campuran dari Reksadana saham. Keuntungan yang diperoleh dari jenis ini tidak terlalu banyak karena pengaruh pergerakan nilai maupun kondisi ekonomi pasar modal yang tidak diprediksi.

Kemudian saat trading transaksi jual beli alangkah baiknya tidak hanya satu jenis Reksadana dan satu menejer investasi saja. Anda bisa melakukan eksplorasi dengan membeli Reksadana pasar uang yang memiliki pendapatan tetap dan stabil.

Kemudian juga dapat membeli investasi Reksadana saham yang bersifat fluktuatif. Langkah ini dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir kerugian.

Biaya investasi salah satu hal yang mungkin terdampak dari kegiatan transaksi jual beli. Dari sini kemudian terjadi beberapa hal yang harus dibayarkan.

Fee manejer, biaya penyimpanan, operasional, hingga marketing dan baru kemudian sisanya adalah laba bersih yang diterima.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x