Sandiaga Uno Gandeng Kapolri Lancarkan Pariwisata di 5 Destinasi Prioritas

- 24 Februari 2021, 17:03 WIB
ilustrasi wisatawan di daerah wisata pantai/Hani Fildzah/Unsplash
ilustrasi wisatawan di daerah wisata pantai/Hani Fildzah/Unsplash /

PORTAL JOGJA - Akibat pandemi Covid-19, sektor pariwisata merosot sangat drastis. Pemasukan dari unggulan devisa negara ini turun sampai 70 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang baru menjabat pada akhir 2020 lalu menggandeng kerjasama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melancarkan pariwisata di 5 destinasi sumber prioritas.

Lima destinasi itu adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Menurut Sandiaga Uno kunjungannya hari ini adalah untuk berkordinasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan pihak kepolisian untuk mencari jalan keluar bagaimana dalam kondisi pandemi Covid-19, namun kunjungan wisata di Indonesia tetap berjalan, terutama di 5 destinasi sumber prioritas.

Baca Juga: Ke Masjid Istiqlal, Atta Halilintar Survey Lokasi Akad Nikah? Acara Sakral Kalau Bisa di Tempat Ini The Best

“Kordinasi ini penting untuk membuat pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata dapat melakukan persiapan event dan langkah-langkah selanjutnya,” ujar Sandiaga.

Pada tahun 2020 devisa yang ditargetkan mencapai USD 20 milyar ternyata hanya terealisasi sekitar USD 3-4 milyar saja.

Beban berat memang diampu Kemenparekraf yang bertanggung jawab terhadap setidaknya 1,42 juta lapangan kerja dibidang perekonomian kreatif dan pariwisata.

Kunjungan Sandiaga disambut baik oleh Kapolri Jenderal Sigit. Selain 5 destinasi sumber prioritas, ternyata pihak kepolisian telah meninjau langsung dua lokasi lain yang sudah dikenal dunia.

Halaman:

Editor: Andreas Desca Budi Gunawan

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x