Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 10 Triliun, Kuota 600 Ribu

- 24 Februari 2021, 06:19 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. /Dok. Ekon.go.id

PORTAL JOGJA - Sistem berbasis digital dalam program kartu prakerja merupakan inovasi yang menjadi unggulan untuk mendukung reformasi layanan publik.

Program Kartu Prakerja gelombang 12 telah resmi dibuka. Informasi soal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12 ini disampaikan oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers online, Selasa 23 Februari 2021. Kuota Kartu Prakerja gelombang 12 terbuka bagi 600.000 orang.

Baca Juga: Disindir Netizen Kantornya Terendam Banjir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Beri Jawaban Menohok

Baca Juga: Jadi Lansia, Hotman Paris Mantap Ikut Vaksin Covid-19 Bersama Istri

"Penggunaan teknologi digital memungkinkan program ini diakses oleh masyarakat di 514 kabupaten dan kota dalam waktu cepat. Selain itu, seluruh proses transfer dana dan transaksi pembelian pelatihan menjadi lebih transparan dan akuntabel," kata Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto mengatakan sistem berbasis digital dalam program kartu prakerja merupakan inovasi yang menjadi unggulan untuk mendukung reformasi layanan publik.

Baca Juga: Perbaikan Selesai dan Jalur Kembali Normal, PT KAI Buka Kembali Perjalanan KA Menuju Jakarta

Pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12 ini menandai dimulainya Kartu Prakerja 2021. Selama semester I tahun 2021, ditargetkan ada 2,7 juta penerima manfaat Kartu Prakerja. Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk program Prakerja sebanyak Rp 10 triliun.

Menurutnya program Prakerja ini menjadi pelopor layanan publik dengan penggunaan teknologi digital end-to-end yang efisien, efektif, cepat, dapat diandalkan dan real time serta menjamin ketepatan sasaran, transparan dan akuntabel.

"Program kartu prakerja yang berbasis pelatihan daring ini juga menghilangkan batasan ruang dan waktu serta berbiaya murah," kata Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Cipta Kerja dikutip Portal Jogja dari Antara.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah