Jumlah Investor Pasar Modal Naik 42 Persen di 2020

- 2 Desember 2020, 10:21 WIB
Bursa Efek Indonesia (BRI_
Bursa Efek Indonesia (BRI_ /(Bagus Kurniawan/Portal Jogja)

PORTAL JOGJA - Jumlah investor pasar modal di Indonesia hingga bulan November 2020 mengalami kenaikan. Jika dibandingkan dengan akhir tahun lalu, jumlah kenaikannya cukup fantastis sebesar 42 persen.

Pada saat ini pandemi covid-19 ini ada banyak perubahan perilaku masyarakat dalam berinvestasi sehingga memberikan dampak pada perekonomian.

"Data menunjukkan penurunan pertumbuhan pasar modal kita, namun ada fakta menarik yang justru membuat kita cukup terkesan, yaitu jumlah investor pasar modal yang terus mengalami peningkatan," kata Kepala Deputi Pengawasan Pasar Modal 1A OJK Luthfy Zain Fuady dalam rilisnya yang diterima portaljogja.com, Rabu 2 Desember 2020.

Baca Juga: Lowongan Kerja : PT Mekar Agung Sejahtera Butuhkan Staf Pajak

Menurutnya data per 19 November 2020 jumlah investor pasar modal sudah tercatat sebanyak 3,53 juta atau naik jika dibandingkan SID per 31 Desember 2019 sebanyak 2,48 juta. Peningkatan jumlah investor di masa pandemi ini justru didominasi oleh investor domestik yang berumur di bawah 30 tahun atau kalangan milenial.

"Secara demografi berdasarkan umur, jumlah SID ritel per 19 November 2020 tercatat sebanyak 48,29 persen," paparnya.

Ia menambahkan meski kondisi Pasar Modal Indonesia saat ini mengalami tekanan, tetapi adanya peningkatan jumlah investor yang signifikan ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pasar modal Indonesia masih terus meningkat.

Sementara itu Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menambahkan sejak kasus covid-19 pertama di Indonesia pada Maret tahun ini, kalangan investor global dan domestik menunjukkan respon yang kurang baik terhadap pasar keuangan, di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Lowongan Kerja : PT Mekar Agung Sejahtera Butuhkan Staf Pajak

Titik terendah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun ini terjadi pada Selasa (24/3) dengan penurunan sebesar -37,49 persen dibandingkan posisi akhir tahun lalu.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x