Walau Gagal Menuju Final AFF U-16, Mental Pemain Indonesia Patut Diacungi Jempol

- 2 Juli 2024, 01:17 WIB
Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke final Piala AFF U-16 2024 usai takluk 3-5 dari timnas Australia U-16.
Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke final Piala AFF U-16 2024 usai takluk 3-5 dari timnas Australia U-16. /dok. akun X @TimnasIndonesia/

PORTAL JOGJA - Timnas U-16 Indonesia harus mengakui keunggulan Australia dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo pada Senin 1 Juli 2024 malam ini. Dengan skor 3-5 untuk Australia, ini artinya anak asuh Nova Arianto gagal menuju babak final.

Kemenangan Australia ini akan segera mempertemukannya dengan Thailand pada final kejuaraan yang saat ini sudah berganti nama menjadi bernama ASEAN U-16 Boys Championship 2024. Langkah Thailand ke babak final ini berkat kemenangannya lawan Vietnam 2-1. Laga keduanya digelar sebelum Indonesia bertanding kontra Australia.

Walau tak lolos babak berikutnya, namun sang pelatih Nova Arianto memberikan pujian sekaligus acungan jempol atas mental para pemain U-16 tersebut. Tampil dengan sepuluh pemain karena salah satu pemain Indonesia mendapat hadiah kartu merah dari wasit.

"Walaupun main dengan sepuluh pemain, tapi bisa mengimbangi Australia. Mental pemain luar biasa," ucap Nova usai pertandingan semifinal Indonesia melawan Australia di Solo, Jawa Tengah, Senin malam sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Timnas U-16 Lawan Australia, Pelatih Minta Waspadai Postur Badan Pemain Lawan

Adalah Raihan Apriansyah Sudrajat, yang mendapatkan kartu merah pada menit ke-30. Alhasil, hadiah kartu merah ini yang dirasa terlalu cepat ini membuat permainan skuad Garuda Muda sedikit berbeda. Terasa kesepuluh pemain ini mengalami kesulitan untuk keluar dari tekanan lawan.

"Ya di sini saya bilang daya juang pemain saya secara mentality sangat-sangat luar biasa. Ini jadi pelajaran yang berharga buat pemain kami, juga di mana kami sering buat blunder-blunder di lini belakang yang mengakibatkan kami kena kartu merah dan kemasukan gol," ucap pelatih asal Semarang ini.

Dalam pertandingan ini, pada menit ke-3 melalui sundulan Muhamad Zahaby Gholy merubah skor menjadi 1-0. Zahaby Gholy berhasil memanfaatkan umpan silang yang diberikan oleh Mathew Baker.

Menit ke-23, giliran Amlani Tatu membobol gawang Indonesia yang dijaga kiper Nur Ichsan. Australlia mendapatkan tendangan bebas setelah Raihan Apriansyah melanggar pemain lawan yang terjadi di luar kotak penalti. Skor menjadi 1-1.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah