Soal Naturalisasi Tiga Pemain Asing, Pemerintah Diminta Percepat Pengesahannya

- 16 Maret 2024, 23:38 WIB
Proses naturalisasi pemain asing di DPR RI.
Proses naturalisasi pemain asing di DPR RI. /dok.PSSI/

PORTAL JOGJA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan perhatian khusus pada proses naturalisasi tiga pemain asing asal Belanda. DPR bahkan meminta pemerintah mempercepat perngesahan mereka menjadi warga negara Indonesia (WNI). Diketahui bahwa dokumen naturalisasi juga sudah ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Komisi X DPR mengharapkan presiden bisa segera membuat keputusan presiden yang mengizinkan ketiga pemain itu untuk mengikuti proses pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Jumat 15 Maret 2024.

Ketiga pemain naturalisasi yang dimaksud, adalah Thom Jan Haye (28 tahun) yang saat ini menjadi gelandang untuk SC Heerenveen di liga utama Belanda. Ia diketahui berdarah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Sulawesi dan sang nenek asal Surakarta.

Baca Juga: Sepakbola Putri Harus Bangkit, PSSI Tunjuk Satoru Mochizuki Tangani Timnas Putri

Berikutnya, Ragnar Oeratmangoen (26 tahun) yang mempunyai posisi sebagai penyerang atau winger Fortuna Sittard di liga Belanda dengan status pinjaman dari Groningen. Ragner mempunyai keturunan Indonesia dari kakeknya yang asal Maluku.

Sementara, Maarten Paes adalah penjaga gawang atau kiper yang memiliki darah Indonesia dari neneknya. Saat ini dirinya membela Major League Soccer (MLS) FC Dallas. Ia baru memulai jalannya musim 2024 ini pada sekitar akhir Februari lalu.

Permintaan percepatan pengesahan atau pengambilan sumpah oleh Pemerintah bukan tanpa alasan. Ini mengingat dua pemain yaitu Thom dan Ragnar masuk dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam di Stadion GBK di Jakarta pada 21 Maret dan Stadion My Dinh di Hanoi pada 26 Maret.

Baca Juga: Persiapan Piala Dunia FIFA U-17, Timnas Garuda Muda Jalani Pemusatan Latihan di Jerman

Sedangkan Maarten Paes baru akan memperkuat Garuda pada bulan Juni atau saat berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak dan Filipina.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x