Presiden FIFA Mendapat Anugerah Bintang Jasa Pratama

- 10 November 2023, 15:12 WIB
Presiden Jokowi memberikan tanda Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jakarta, Jumat  10 November 2023
Presiden Jokowi memberikan tanda Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jakarta, Jumat 10 November 2023 /ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.

PORTAL JOGJA - Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Giovanni 'Gianni' Vincenzo Infantino mendapat anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI Joko Widodo. Penganugerahan ini menjadi satu rangkaian acara dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang digelar pada Jumat 10 November 2023 di di Istana Negara, Jakarta.

Keputusan Presiden Nomor 70/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama ini menjadi dasar penetapannya. Diketahui Gianni dianggap telah berjasa besar di bidang olahraga dan kiprahnya telah diakui secara internasional.

"Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan atau darma bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat internasional, serta warga negara asing yang berjasa pada bangsa dan negara Indonesia," ucap Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan saat membacakan surat keputusan, sebagaimana dikutip Portal Jogja dari ANTARA.

Setelah menerima penyematan tanda kehormatan dan ucapan selamat atas Anugerah Bintang Jasa Pratama, Gianni kemudian memberikan pernyataan bahwa hal ini merupakan sebuah kehormatan bukan hanya bagi dirinya, namun juga seluruh komunitas sepak bola di dunia.

Baca Juga: Enam Tokoh Mendapat Gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Joko Widodo

Sosok lelaki keturunan Swiss-Italia ini didaulat menduduki jabatan sebagai presiden FIFA pada Februari 2016. Karier sebelumnya adalah sebagai sekretaris jenderal federasi sepakbola internasional itu juga.

Giovanni 'Gianni' Vincenzo Infantino juga pernah bergabung dengan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sejak 2000. Dirinya juga menjadi penasihat di berbagai badan sepak bola di Italia, Spanyol, dan Swiss.

Akhir-akhir ini namanya wira-wiri di media khususnya di Indonesia sehubungan dengan berlangsungnya gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang akan dimulai pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu 8 November 2023, Presiden FIFA ini menyampaikan rasa terima kasih sepenuh hati kepada Presiden Jokowi dan Erick Thohir yang telah mempersiapkan Piala Dunia U-17 2023 dengan sebaik mungkin dan sudah menjaga komitmen sebagai negara tuan rumah kejuaraan dunia ini.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah