Pound Fit, Latihan Kardio Bagaikan Drummer Band Beraksi di Panggung

- 19 Oktober 2023, 11:23 WIB
Ilustrasi ibu-ibu latihan pound fit
Ilustrasi ibu-ibu latihan pound fit /Tangkapan layar/ Youtube Channel Happy Body Center/

PORTAL JOGJA - Beberapa saat ini mulai banyak para wanita khususnya wanita muda dan ibu muda yang mulai menggandrungi pound fit. Saat kita melakukan poundfit, terasa seakan-akan kitalah bagai drummer band sedang beraksi dipanggung sambil diiringi musik menghentak. Benar-benar pengalaman olahraga yang unik dan mengasyikkan.

Latihan ini pertama kali diperkenalkan oleh dua drummer, Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, pada tahun 2011. Awalnya mereka rutin berlatih pilates, namun akhirnya rasa bosan datang juga. Muncul inspirasi berolahraga dengan suasana gembira, saat mereka bermain drum tanpa bangku dan berjongkok di atas perangkat drum. Muncullah pound fit ini mengubah permainan drum menjadi cara berolahraga yang sangat efektif.

Dalam pound fit, stik yang digunakan adalah stik khusus yang dikenal sebagai ripstik. Stik ini terbuat dari plastik, berbobot ringan dan mudah dibawa ke mana pun. Stik ini memang dirancang secara khusus untuk mengintensifkan setiap posisi pada latihan pound fit. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan ripstik dalam latihan ini.

Baca Juga: Perwakilan UMY Jadikan KJI 2023 Wadah Peningkatan Mutu Penelitian

Dengan cara mengetukkan permukaan sepasang ripstik satu sama lain sambil mengikuti irama musik yang menggugah semangat, ternyata banyak maanfaat yang didapatkan.

  • Meningkatkan ketahanan dan keseimbangan
    Gerakan seperti pemain yang bersemangat menabuh drum ini bisa membantu mengembangkan otot inti dan meningkatkan koordinasi tubuh, juga membantu mendapatkan keseimbangan yang lebih baik.
  • Banyak kalori yang terbakar
    :Kombinasi gerakan kardio dan ketahanan dapat membantu membakar kalori secara efektif, membantu dalam upaya penurunan berat badan.
  • Pengalaman tentang kegembiraan
    Musik dan gerakan ciptaan Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom ini dapat membantu menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, dan memperbaiki kesejahteraan mental secara keseluruhan.
  • Manfaat kesehatan fisik
    Dengan gerakan yang sangat energik, serangkaian gerakan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi nyeri kronis, kecemasan, dan kelelahan.

Namun di balik banyaknya manfaat pound fit, ternyata ada beberapa orang dengan kondisi tertentu untuk tidak melakukan latihan bagai pemain drum ini. Ini karena adanya alasan tertentu secara kesehatan, mengingat gerakan dalam pound fit juga akan melatih secara ekstra organ tertentu dalam tubuh. Berikut kondisi yang tidak disarankan untuk melakukan rangkaian gerakan tersebut.

Baca Juga: KPK Sebut Ada Indikasi Korupsi Terjadi Karena Pengaruh Keluarga

  • Cedera pada tulang tertentu
    Kondisi yang dimaksud adalah adanya masalah pada tulang belakang, cedera lutut, atau masalah pada persendian tertentu dapat menjadi kendala serius saat melakukan latihan yang melibatkan gerakan intensif.
  • Masalah kardiovaskular dan pernapasan:
    Individu dengan masalah kardiovaskular atau pernapasan seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, atau asma mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum terlebih dahulu. Karena menggunakan gerakan dengan intensitas tinggi, ini akan memberikan tekanan tambahan pada sistem kardiovaskular dan pernapasan.
  • Wanita yang sedang hamil
    Wanita hamil terutama selama trimester kedua dan ketiga, tidak direkomendasikan untuk mempraktekkan rangkaian gerakan ini. Saat hamil, perubahan fisiologis yang signifikan terjadi dalam tubuh wanita. Keadaan ini dapat membuatnya lebih rentan terhadap cedera atau stres tambahan yang dihasilkan dari latihan yang intens.
  • Usia dan kebugaran fisik
    Walaupun pound fit bisa dimodifikasi untuk berbagai tingkat kebugaran, beberapa orang yang lebih tua atau yang tidak terbiasa dengan latihan fisik tidak dianjurkan untuk melakukannya. Tidak memperhatikan soal keterbatasan fisik dan tidak melakukan modifikasi yang diperlukan, dapat meningkatkan risiko cedera.
  • Pemulihan pasca cedera atau operasi
    Bila sedang dalam proses pemulihan setelah cedera atau operasi, sebaiknya tidak mempraktikkan gerakan ini tanpa pengawasan medis. Hal ini karena aktivitas fisik yang terlalu intensif dapat memperlambat proses pemulihan atau bahkan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada area yang terluka.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mempraktikkan trend baru berlatih kardio sambil menabuh drum bagaikkan pemain drum ini? Selamat mencoba.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah