Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Manajer Paling Sukses dalam Sejarah Liga Champions UEFA

- 29 Mei 2022, 08:15 WIB
Carlo Ancelloti adalah manajer pertama yang berhasil memenangkan tropi Liga Champions sebanyak empat kali
Carlo Ancelloti adalah manajer pertama yang berhasil memenangkan tropi Liga Champions sebanyak empat kali /Twitter/@realmadriden /

PORTAL JOGJA - Kemenangan Real Madrid atas Liverpool dalam laga final Liga Champions UEFA, membuat manajer Carlo Ancelotti menjadi manajer pertama yang mengangkat Piala Eropa sebanyak empat kali.

Semua kemenangan Ancelotti di ajang paling bergengsi di Eropa itu telah terjadi sejak turnamen tersebut berganti nama menjadi Liga Champions pada tahun 1992.

Ancelotti sebelumnya memimpin AC Milan saat meraih kemenangan pada tahun 2003 dan 2007, sebelum menaklukkan Eropa bersama Real pada 2014 dan sekarang 2022.

Baca Juga: Bawa Roma Juara, Jose Mourinho Raih Gelar Kelima di Kompetisi Eropa

Hanya dua manajer yang memenangkan tiga gelar Piala Eropa. Mereka adalah Zinedine Zidane dan Bob Paisley.

Zidane yang membawa Real meraih kemenangan berturut-turut pada 2016, 2017 dan 2018, menyamai prestasi lebih dari tiga dekade sebelumnya saat Paisley mengantarkan trofi tersebut kala menangani Liverpool pada 1977, 1978, dan 1981.

Seperti dilansir dari Sports Illustrated tujuh belas manajer telah memenangkan Piala Eropa dua kali, termasuk Brian Clough, Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

Ancelotti juga memenangkan Piala Eropa sebagai pemain - pada tahun 1989 dan 1990 bersama Milan.

Dia adalah salah satu dari tujuh pria yang telah menjadi juara klub Eropa baik sebagai pemain dan manajer.

Sementara prestasi yang sama juga pernah dilakukan oleh Guardiola, Zidane, Johan Cruyff, Miguel Munoz, Frank Rijkaard dan Giovanni Trapattoni.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: Sports Illustrated


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x