Juara Dunia MotoGP 9 Kali Valentino Rossi Pensiun pada Akhir Musim, The Doctor Trending di Twitter

- 6 Agustus 2021, 06:37 WIB
Valentino Rossi resmi menyatakan pensiun usai balapan musim ini.
Valentino Rossi resmi menyatakan pensiun usai balapan musim ini. /Instagram @motogp

PORTAL JOGJA - Juara dunia MotoGP sembilan kali Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini. The Doctor yang saat ini berusia 42 tahun, mengumumkan berita itu jelang Grand Prix Styrian akhir pekan ini.

Rossi telah menjalani karir balapnya selama 25 tahun yang menghasilkan 115 kemenangan. The Doctor adalah satu-satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan dunia di semua kelas mulai 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

“Saya telah memutuskan untuk berhenti di akhir musim. Sayangnya, ini akan menjadi paruh musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP," kata Rossi dalam konferensi pers di Austria seperti dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Semi Final Bola Voli Putri Olimpiade Brasil vs Korea Selatan, Jadwal Acara Indosiar Jumat 6 Agustus 2021

“Ini adalah momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor. Tahun depan, hidup saya akan berubah. Tapi itu luar biasa, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat, sangat menyenangkan, dan saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua orang saya,” ucap Rossi.

Rossi telah menjadi pembalap dominan di generasinya. Pembalap asal Italia itu membuat jejaknya di kejuaraan dunia 125cc tempat lahirnya banyak bintang MotoGP terbaru pada tahun 1996.

Rossi meraih kemenangan pertamanya tahun itu di sirkuit Brno Republik Ceko dan finis di urutan kesembilan dalam klasemen keseluruhan. Setahun kemudian ia memenangkan gelar dunia pertamanya di atas motor Aprilia sebelum naik ke kelas 250cc di mana ia menempati posisi kedua dan pertama di musim berturut-turut untuk pabrikan Italia tersebut.

Langkah besar bagi Rossi adalah ketika dia naik ke kelas 500cc dengan Honda pada pergantian milenium. Rossi memenangkan gelar juara dunia pada tahun 2001, 2002 dan 2003 sebelum pindah ke Yamaha pada tahun 2004 di mana ia memenangkan gelar kelas utama keempat berturut-turut, mengikutinya dengan kesuksesan berulang pada musim berikutnya.

Dua gelar dunia lagi untuk Yamaha membuat penghitungannya menjadi sembilan pada 2009 sebelum ia bergabung dengan Ducati. Namun dua musim yang tidak produktif dan membuat frustrasi di tahun 2011 dan 2012. Sejak saat itu penampilan Rossi mulai menurun.

Rossi kemudian berhasil menjadi runner-up berturut-turut antara 2014 dan 2016 saat kembali dengan tim Yamaha yang sempat dia tinggalkan waktu bergabung dengan Ducati.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: The Guardian Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x