Bukit Panguk Kediwung, Tawarkan Pesona Pemandangan Negeri Di Atas Awan

- 12 Desember 2020, 13:44 WIB
Salah satu spot foto di Bukit Panguk Kediwung.
Salah satu spot foto di Bukit Panguk Kediwung. /Siti Baruni/- Foto : Portal Jogja/Siti Baruni

PORTAL JOGJA - Kawasan Dlingo Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah dengan begitu banyak destinasi wisata yang dikelola oleh warga setempat. Hutan pinus, kebun buah, merupakan tempat wisata yang menjadi awal bangkitnya wisata lokal Dlingo.

Pada perkembangannya, Kecamatan atau Kapanewon Dlingo memiliki puluhan destinasi wisata. Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung.

Seperti namanya, obyek wisata ini terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan Dlingo Bantul.  Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga: Serunya Berwisata Sambil Mengenal Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung menawarkan panorama alam yang menawan, terutama saat pagi hari. Saat akhir pekan, tidak sedikit wisatawan yang rela datang pagi buta demi melihat keelokan matahari terbit dilihat dari Bukit Panguk.

Ya, Obyek Wisata Bukit Panguk Kediwung memang menawarkan ‘wisata sunrise’ yang mempesona.

Kalau beruntung, kita bisa melihat matahari terbit di atas hamparan kabut tebal di sekitar bukit. Jika kurang beruntung, kabut tebal pun cukup memukau dan layak diabadikan. Pengunjung seolah berada di negeri di atas awan.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Rumah Sakit Hermina Pandanaran, Paling Lambat 15 Desember 2020

Untuk menuju Bukit Panguk Kediwung, pengunjung bisa melalui rute melewati Imogiri. Dengan maps kita bisa dengan mudah menemukan jalan.  Dari Taman Kuliner Imogiri kita bisa lurus beberapa ratus meter arah Timur hingga pertigaan dan bisa mengambil arah Dlingo atau belok kanan.

Sampai di persimpangan menuju Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus, kita bisa ambil jalan lurus. Ikuti saja jalan naik turun dan berkelok. Sebelum obyek wisata Jembatan Sukorame, terdapat simpang 3 kecil dengan papan arah menuju Bukit Panguk Kediwung.