Tips Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya 2021, Lakukan Hal ini

- 20 Juli 2021, 04:20 WIB
OJK gencar mengkampanyekan pemberantasan Pinjol Ilegal.
OJK gencar mengkampanyekan pemberantasan Pinjol Ilegal. /Gambar : Instagram @ojkindonesia/

PORTAL JOGJA - Pinjaman online (pinjol) sekarang ini bertebaran dimana-mana dengan keunggulannya masing-masing.

Begitu banyak produk yang ditawarkan oleh sebagian besar Pinjol dari syarat mudah dan pencairannya cepat. Tidak tahu apa yang ditawarkan bisnis pinjaman online resmi atau ilegal.

Sebelum melakukan pinjaman online terpercaya 2021 penting bagi Anda untuk memilih pinjaman yang aman.

Seperti apa pinjaman online yang aman itu?. Melansir laman resmi Permata Bank, berikut ini ciri-ciri pinjaman yang aman.

Pertama, Pilih pinjaman online yang terdaftar dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan. Di OJK ini terdaftar nama-nama pinjaman online yang beroperasi saat ini. Jika pinjaman online yang tidak terdaftar di OJk dipastikan ilegal.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Bisnis Makanan Serba Rp5.000 yang Sukses dan Menguntungkan

Ciri-ciri platform yang memiliki izin dari otoritas jasa keuangan mencantumkan logo OJK pada website atau aplikasinya. Indikasi lain dari pinjaman online resmi adanya keterangan telah berizin di aplikasi maupun App Store dan Google Play.

Kedua, suku bunga dan biaya yang transparan. Dalam hal Anda perlu mengetahui biaya administrasi, suku bunga, tenor yang bisa diambil hingga biaya denda bila mengalami keterlambatan pelunasan.

Ketiga, perjanjian kontrak dan layanan konsumen. Pinjaman online terpercaya 2021 ciri-cirinya mempunyai perjanjian kontrak dengan adanya surat pernyataan yang bertanda tangan dibawah lisensi hukum.

Kemudian aplikasi maupun websitenya resmi berlogo OJK. Tidak kalah penting dalam melakukan peminjaman online website fintechnya telah ada icon gembok di sisi kiri alamat website.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Permata Bank


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah