Desa Wisata Kampung Emas, Sinergi Pemerintah, Akademisi, Swasta dan Masyarakat

- 23 Desember 2023, 20:48 WIB
Kampung Emas yang merupakan program studi ilmiah rintisan Universitas Negeri Yogyakarta, di Dusun Krapyak IX, Kalurahan Margoagung, Seyegan, pada Sabtu (23/12).
Kampung Emas yang merupakan program studi ilmiah rintisan Universitas Negeri Yogyakarta, di Dusun Krapyak IX, Kalurahan Margoagung, Seyegan, pada Sabtu (23/12). /Prokompim/

PORTAL JOGJA - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mendampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X meresmikan Kampung Emas yang merupakan program studi ilmiah rintisan Universitas Negeri Yogyakarta, di Dusun Krapyak IX, Kalurahan Margoagung, Seyegan, pada Sabtu (23/12).

Peresmian Kampung Emas ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X.

Rektor UNY, Sumaryanto dalam laporannya menjelaskan bahwa pembentukan desa wisata kampung emas ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas masyarakat terutama dalam bidang pendidikan, seni, olahraga, dan ekonomi.

"UNY bersinergi dengan sejumlah lembaga seperti Garda Peduli Anak Panti (GPAP), Tim Penggerak PKK, Darma Wanita, DPP IKA UNY serta bersama dengan Pemda DIY dan Pemkab Sleman dalam membangun Desa Margoagung menjadi Kampung Emas yang berpusat di Dusun Krapyak IX," jelasnya.

Baca Juga: Agresi Israel Akibatkan 53 Ribu Warga Luka-Luka, WHO: Warga Gaza Hadapi Kelaparan

Sumaryono mengatakan dibentuknya kampung emas ini juga menjadi komitmen UNY untuk bersama - sama mengembangkan dan memastikan keberlangsungan potensi yang ada di masyarakat pedesaan.

Penerapan program kampung emas ini diimplementasikan dalam 9 program yang dinamai program berkah terdiri dari pendidikan berkah, seni berkah, olahraga berkah, kuliner berkah, tahu berkah, sayur buah tani berkah, mendo berkah, mino berkah dan unggas berkah.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X mengapresiasi  program yang diinisiasi UNY yang konsepnya relevan dengan akselerasi pembangunan desa dimana di dalamnya ada entitas kampung untuk mengejar kemajuan perkotaan. Ia juga menilai program kampung emas ini selaras dengan reformasi Kalurahan yang saat ini tengah dilaksanakan Pemda DIY dan Kabupaten/Kota se-DIY.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo .mengatakan program Kampung Emas yang merupakan realisasi kolaborasi pentahelik antara pemerintah- swasta-akademisi dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dalam rangka menciptakan masyarakat yang maju dan sejahtera.

Baca Juga: 10 Pemimpin Perusahaan Periklanan Terbaik Indonesia 2023 Versi CEO Insights Asia

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah