Diikuti Peserta dari 28 Provinsi, Kejuaraan Renang Antar Sekolah Digelar di UNY

- 22 Februari 2024, 11:10 WIB
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta, dalam jumpa pers yang diselenggarakan pada, Rabu (21/2/2024).
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta, dalam jumpa pers yang diselenggarakan pada, Rabu (21/2/2024). /istimewa/

PORTAL JOGJA  - Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan perguruan tinggi (KRAS) 2024 kembali diadakan. Kejuaraan renang ini akan diselenggarakan di Kolam Renang Kampus UNY Karangmalang, selama tiga hari mulai 23 Februari sampai dengan 25 Februari 2024.

KRAS tahun ini menjadi perhelatan yang digelar ketiga kalinya oleh Pengkab PB Aquatik Sleman bekerjasama dengan Dispora Kabupaten Sleman. Kejuaraan renang ini sangat didukung oleh Pemkab Sleman sebagai media untuk mencari bibit-bibit unggul di cabang olahraga renang. Pemerintah daerah bahkan mendorong pelaksanaan KRAS agar semakin maju hingga ke tingkat internasional.

“Jadi sebenarnya ini sudah ketiga kalinya KRAS ini dilaksanakan kerjasama dengan Dispora Sleman. Pemerintah mensuport inisiatif teman-teman Pengkab Aquatik dan juga panitia yang sudah mendorong olahraga renang ini dalam skala yang lebih besar,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta, dalam jumpa pers yang diselenggarakan pada, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Event Hari Ini di Yogyakarta, Kamis 22 Februari 2024

Menurut Agung KRAS tahun ini memiliki daya tarik tersendiri, karena banyak perenang muda yang ikut lombat tersebut, dan dihadiri oleh orang tuanya. Hal ini tentunya selain menjadi event olahraga, tetapi juga dapat menunjang pariwisata di Kabupaten Sleman.

“Hal ini tentu dapat menunjang pariwista di Kabupaten Sleman khususnya,” kata Agung.

Sementara itu Ketua Panitia KRAS 2024, Agus Supriyanto mengatakan jumlah peserta KRAS tahun ini sebanyak 884 peserta yang berasal dari 28 provinsi se-Indonesia. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan pelaksanaan KRAS tahun lalu.

“Walaupun ini ada penurunan dari tahun sebelumnya. karena tahun ini berbarengan event lomba renang ada di Tegal, ada di Jawa Barat, ada di NTB, tanggalnya sama persis,” kata Agus.

Sementara untuk nomor seris KRAS 2024 diketahui mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Adapun total seri perlombaan ada 4874. Hal ini dikarenakan pelaksanaan KRAS 2024 mengikutsertakan satu nomor yang dikhususkan untuk finisher yaitu KU IV dan KU V, dengan tujuan untuk memacu anak-anak usia dini agar bisa melakukan semua gaya renang.

“Kenapa ini penting, karena diusia dini KU IV, KU V itu agar bisa melakukan semua daya. Kemudian tidak di-push untuk kecepatannya. Sehingga teknisnya nanti bisa disemua gaya, sehinga nanti diusia spesialisasi sudah tinggal meneruskan,” jelas Agus.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x