Ukir Sejarah! Timnas Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

- 26 Januari 2024, 06:13 WIB
Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia setelah hasil imbang terjadi pada pertandingan Kirgistan vs Oman. PSSI: sejarah!
Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia setelah hasil imbang terjadi pada pertandingan Kirgistan vs Oman. PSSI: sejarah! /Dok. PSSI

PORTAL JOGJA - Kabar menggembirakan buat para pecinta sepak bola di tanah air. Tim nasional Indonesia lolos ke putaran 16 besar Piala Asia 2023 setelah Kirgistan menahan imbang Oman dengan skor 1-1 pada pertandingan terakhir Grup F di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis.

Hasil imbang tersebut membuat Oman hanya mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan, dan berada di posisi keenam klasemen mini antar tim-tim peringkat ketiga.  Oman tak beranjak dari posisi kelima klasemen mini peringkat tiga terbaik setelah hanya mengumpulkan 2 poin dengan selisih gol -1 dan cukup membuat Indonesia lolos ke babak 16 besar seusai bertahan di peringkat keempat klasemen mini peringkat tiga terbaik dengan 3 poin dan selisih gol -3.

Atas hasil ini Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bersyukur timnas Indonesia akhirnya mencatatkan sejarah baru di Piala Asia dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

 

“Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia,” kata Erick melalui postingannya di Instagram resminya.

Baca Juga: Sinopsis Film The Foreigner, Adu Akting Pierce Brosnan dan Jackie Chan Balas Dendam Kematian Sang Anak

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut capaian ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak baik pemain, pelatih, ofisial, hingga doa seluruh masyarakat Indonesia.

“Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas,” ucap Erick.

Capaian ke babak 16 besar menjadi yang pertama kalinya bagi Merah Putih setelah dari empat keikutsertaan sebelumnya edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 selalu gagal melewati babak penyisihan grup.

Selain itu, catatan ini juga menambah ukiran emas sang pelatih Shin Tae-yong setelah sebelumnya ia menjadi satu-satunya pelatih yang mengantarkan tiga timnas, U-20, U-23, dan senior ke putaran final Piala Asia.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x