Bupati Gunungkidul Resmi Buka Diklat Pelatih Hapkindo Tingkat Nasional

- 18 November 2023, 16:51 WIB
Suasana Diklat Pelatih HAPKIDO Tingkat Nasional yang diadakan  di Hotel Santika, Playen, Gunungkidul pada Sabtu 18 November 2023.
Suasana Diklat Pelatih HAPKIDO Tingkat Nasional yang diadakan di Hotel Santika, Playen, Gunungkidul pada Sabtu 18 November 2023. /Istimewa / gunungkidulkab.go.id/

PORTAL JOGJA - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pelatih Hapkindo Tingkat Nasional yang diadakan di Hotel Santika, Playen pada Sabtu 18 November 2023.

Diklat pelatih ke 11 tahun 2023 ini diikuti oleh 16 Pengurus Daerah (Pengda). Jumlah yang hadir ini relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah pengda yang saat ini tercatat sebanyak 31.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyebut bahwa diklat kepelatihan ini sangar perlu dilakukan untuk melihat kemampuan dan lisensi para pelatih. Ini karena pelatih ini merupakan ujung tombak dari cabang olah raga ini. Ia juga berpesan kepada atlet dan pelatih untuk giat melakukan latihan, menjaga kehormatan, solidaritas, soliditas dan sportif dalam setiap event.

"Kalau kunci ini sudah dipegang, bukan lagi kuantitas tapi kualitas Hapkindo di Indonesia ini akan jaya," ucap Kepala Kabupaten Gunungkidul ini sebagaimana dikutip Portal Jogja dari gunungkidulkab.go.id.

Baca Juga: Sinopsis Film Kickboxer Vengeance, Penggemar Film Aksi Bela Diri Wajib Nonton

Ketua Umum Pengurus Pusat Hapkindo Indonesia (PPHI) GBPH Prabukusumo mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menghasilkan pelatih dan atlet yang berkualitas sekaligus mampu berlaga di tingkat internasional. Di sinilah pentingnya peran diklat pelatih ini agar mereka dapat menerapkan standar gerakan yang benar.

Prabukusumo menyampaikan bahwa organisasi olah raga yang dipimpinnya sudah berupaya menghasilkan atlet dan pelatih yang berkualitas ini dengan digelarnya berbagai kejuaraan baik kejuaraan daerah (kejurda) dan kejuaraan nasional (kejurnas).

"Kami sampaikan juga kepada bapak bupati, Hapkindo juga telah melaksanakan Babak Kualifikasi (BK) PON dengan hasil yang sangat memuaskan," kata salah satu adik Sri Sultan Hamengkubuwono X ini.

Lebih lanjut Direktur Teknik PPHI Master Vincentius Yoyok Suryadi menyebut target dari kegiatan ini adalah mencetak pelatih berlisensi nasional di pengurus daerah (Pengda). PPHI memberi kesempatan Pengda untuk memiliki coach dalam kegiatan tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: gunungkidulkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x