Tumbangkan Persib Lewat Adu Penalti, PSS Sleman Maju ke Semifinal Piala Presiden

- 2 Juli 2022, 07:05 WIB
Pemain PSS Sleman berselebrasi usai mengalahkan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, Jumat 1 Juli 2022.
Pemain PSS Sleman berselebrasi usai mengalahkan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, Jumat 1 Juli 2022. /Darma Legi/galamedia/

PORTAL JOGJA - Tim kebanggaan masyarakat Sleman, PSS berhasil melaju ke semifinal usai menumbangkan Persib Bandung lewat drama adu penalti.

Sebelumnya kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1 pada babak perempat final Piala Presiden 2022 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat 1 Juli 2022.

Dalam laga tersebut Persib langsung memainkan tiga pemain andalannya yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Lima menit laga berjalan, kedua tim sama kuat dalam penguasaan bola. Namun PSS tampil lebih menekan ketika kehilangan bola, sedangkan Persib bermain lebih reaktif.

Baca Juga: Jadwal Acara GTV Sabtu 2 Juli 2022: Superdeal Indonesia dan Sinetron IPA IPS

Di menit ke-8, PSS memberikan kejutan dengan tembakan jarak jauh Rifky Suryawan. Tembakannya itu nyaris membuka keunggulan, tapi bola masih membentur tiang kanan gawang Fitrul.

Berjalan ke menit 15, PSS tampil terus menekan melalui kerjasama antara pemain asingnya yakni Ze Valente dan Wahyu Sukarta.

Sedangkan Persib tampak membangun serangan secara perlahan. Ketika menemui kebuntuan saat menyerang, bola dikembalikan ke lini pertahanan untuk dialirkan kembali kepada Marc Klok.

Hingga 20 menit laga berjalan, kedua tim masih saling jual beli serangan. Belum ada peluang-peluang berbahaya yang muncul, baik dari tim Maung Bandung maupun tim Elang Jawa.

Menit ke-26, pemain anyar Persib Ricky Kambuaya diganjar kartu kuning karena menjatuhkan pemain PSS yakni Rifky Suryawan.

Semenit setelahnya, giliran PSS yang mendapat kartu kuning. Syaiful Ramadhan diganjar kartu kuning karena menjegal Marc Klok ketika Persib berupaya membangun serangan balik. PSS kembali mendapat kartu kuning karena pemainnya yakni Ze Valente melanggar Ricky Kambuaya pada menit 39.

PSS nyaris membuka keunggulan dari sundulan Boaz Solossa yang menggetarkan gawang Fitrul. Namun Boaz berada pada posisi offside ketika menerima umpan dari Bagus Nirwanto, sehingga golnya dianulir.

Selama laga, Persib tampak lebih dominan membangun serangan lewat sayap kiri dari kerjasama antara David Rumakiek dan Frets Butuan. Begitu pula PSS yang dominan membangun serangan di wilayah yang sama yakni lewat sayap kanannya.

Menginjak menit ke-45, wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Namun tambahan waktu itu belum bisa membuat salah satu tim menjadi unggul.

Mengawali babak kedua, Persib tampak lebih agresif untuk bisa menguasai permainan. Tim Maung Bandung mencoba lebih menekan ke lini pertahanan PSS.

Namun di menit ke-52, Persib justru kecolongan. Boaz Solossa merangsek masuk ke pertahanan Jufrianto dan Irianto hingga menyambut baik umpan Wahyu Sukarta.

Dengan sundulan melambungnya, bola dari Boaz itu tak mampu diraih oleh Fitrul. PSS kini unggul 1-0 atas Persib Bandung.

Usai kebobolan, Persib langsung mengganti tiga pemainnya. Febri Haryadi keluar digantikan Erwin Ramdani, Abdul Aziz keluar digantikan Dedi Kusnandar, dan David Rumakiek keluar digantikan Zalnando.

Menit ke-83, Persib Bandung mendapatkan hadiah penalti. Pergerakan Arsan Makarim di kotak pinalti saat menerima umpan dari Marc Klok, dijatuhkan oleh Syaiful Ramadhan.

Baca Juga: Siaran Langsung AFF U19 Championship 2022: Vietnam vs Indonesia, Indosiar Sabtu 2 Juli 2022

Akibatnya, pemain PSS bernomor punggung 28 itu harus keluar lapangan karena mendapat dua kartu kuning alias kartu merah.

Marc Klok yang maju sebagai eksekutor berhasil mencetak gol dari titik putih. Tendangan kerasnya ke kiri atas gawang tak mampu dibendung kiper PSS M Ridwan. Persib menyamai kedudukan 1-1 atas PSS.

Dengan skor imbang 1-1, laga Persib dan PSS berlanjut ke babak pinalti. Dalam drama adu penalti tersebut Persib harus rela gagal karena kalah dari PSS dengan skor 2-4.***

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x