Vietnam Tak Siap, Indonesia Gantikan Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games XI 2022

- 22 Maret 2022, 20:19 WIB
Presiden Jokowi saat rapat kabinet terbatas membahas ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Indonesia.
Presiden Jokowi saat rapat kabinet terbatas membahas ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Indonesia. /Foto : Instagram/@jokowi/

PORTAL JOGJA – Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022, menggantikan Vietnam yang menyatakan ketidaksanggupannya untuk menjadi penyelenggara.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dalam keterangannya pada Selasa 22 Maret 2022 hari ini, seperti ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Vietnam hanya sanggup melaksanakan SEA Games, namun untuk ASEAN Para Games mereka tidak sanggup sehingga diberi kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri,” kata Menpora.

Pelaksanaan ASEAN Games sendiri beberapa kali menghadapi kendala terkait pandemic Covid-19. Mestinya pada tahun 2022 ASEAN Para Games dilaksanakan di Filipina namun dibatalkan karena berbagai alasan dan diperparah dengan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pelaku UMKM Bidang Kuliner di Sleman Didorong untuk Kreatif dan Inovatif Hadapi Era Digital

Sesudahnya, ASEAN Para Games XI direncanakan akan berlangsung di Vietnam pada 2021 lalu, berurutan dengan pelaksanaan SEA Games XXXI. Namun belakangan, Vietnan pun juga menyatakan tidak sanggup.

Dalam rapat cabinet terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, Presiden Jokowi akhirnya memutuskan Indonesia siap dan bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022.

“Mempertimbangkan fasilitas dan pengalaman yang kita miliki, maka Indonesia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga tersebut. Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada tahun 2011,” kata Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyatakan, ASEAN Para Games 2022 akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli di Jawa Tengah.

Baca Juga: Belum Ada Korban yang Ditemukan di Lokasi Jatuhnya Pesawat China Eastern

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Sekretariat Presiden Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah