Uang 75 Ribu yang Diburu Kolektor Bernomer Cantik

- 23 Agustus 2020, 09:55 WIB
Nominal Uang Kertas Baru Rp 75 ribu
Nominal Uang Kertas Baru Rp 75 ribu /PR//PR

PORTAL JOGJA - Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan uang baru Rp75 ribu. uang baru kertas pecahan Rp75 ribu bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75, Senin lalu, (17/8).

Usai peluncuran uang baru tersebut, kantor BI di beberapa perwakilan di Indonesia diburu warga yang ingin menukarkannya.

Tak hanya masyarakat biasa, namun juga para kolektor uang atau numismatik. Namun yang diburu warga dengan kolektor juga berbeda. Kalau warga yang penting mendapatkan uang bartus tersebut lebih dulu. Sedangkan kolektor uang lebih memilih nomer seri atau angka yang ada di uang tersebut.

Baca Juga: Gunung Sinabung Pagi Ini Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 1000 m

Seperti halnya nomer Hand Phone (HP cantik), nomer di belakang atau huruf seri yang cantik dan antik yang dicari. Misalnya empat angka di belakang bernomor "0000, 1111, 9999" atau lainnya.

"Sebagai wujud syukur dalam perayaan RI, pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan dan BI mengeluarkan uang kemerdekaan 75 tahun kemerdekaan RI," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo lewat video conference bertajuk Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI.

Perry mengatakan bahwa peluncuran uang kertas pecahan Rp75 ribu ini menandai pembangunan RI selama 75 tahun sejak kemerdekaan dan akan dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Dalam uang tersebut Wajah proklamator kemerdekaan Soekarno dan Mohammad Hatta dipilih sebagai gambar dari pecahan uang tersebut dengan latar momen bersejarah pengibaran bendera merah putih pada 1945 silam.

Baca Juga: Petenis Kei Nishikori Absen di AS Terbuka Karena Positif Corona

Selain itu, MRT juga dipilih sebagai ikon pembangunan Indonesia sejak kemerdekaan. Sementara di halaman belakang, dipilih gambar sembilan anak Indonesia .

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah