Hawkish Fed Memberi Sinyal Mungkin Harus Menaikkan Suku Bunga Lebih Cepat Untuk Melawan Inflasi

- 6 Januari 2022, 17:43 WIB
Ilustrasi: Hawkish Fed Memberi Sinyal Mungkin Harus Menaikkan Suku Bunga Lebih Cepat Untuk Melawan Inflasi
Ilustrasi: Hawkish Fed Memberi Sinyal Mungkin Harus Menaikkan Suku Bunga Lebih Cepat Untuk Melawan Inflasi /Syaiful Amri/Pixabay/viarami

PORTAL JOGJA – Pasar kerja yang "sangat ketat" dan inflasi yang tidak mereda mungkin mengharuskan Federal Reserve menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan dan mulai mengurangi kepemilikan aset secara keseluruhan sebagai rem kedua pada ekonomi, kata pembuat kebijakan bank sentral AS dalam pertemuan mereka bulan lalu.

Dalam sebuah dokumen yang dirilis pada hari Rabu bahwa pasar mengambil sebagai jelas hawkish, risalah dari pertemuan kebijakan 14-15 Desember menunjukkan pejabat Fed secara seragam prihatin tentang laju kenaikan harga yang berjanji untuk bertahan, di samping kemacetan pasokan global "sampai" 2022.

Kekhawatiran itu, setidaknya pada pertengahan Desember, bahkan tampaknya lebih besar daripada risiko yang berpotensi ditimbulkan oleh varian Omicron yang melonjak cepat dari virus corona, yang dilihat oleh beberapa pejabat Fed sebagai kemungkinan menambah tekanan inflasi tetapi tidak "secara fundamental mengubah jalur pemulihan ekonomi di Amerika Serikat."

Baca Juga: Fed Memberi Sinyal Tiga Kenaikan Suku Bunga Pada Tahun 2022 Saat Pertarungan Inflasi Dimulai

"Peserta umumnya mencatat bahwa, mengingat pandangan masing-masing untuk ekonomi, pasar tenaga kerja, dan inflasi, mungkin diperlukan untuk meningkatkan tingkat dana federal lebih cepat atau lebih cepat daripada yang diantisipasi peserta sebelumnya.

Beberapa peserta juga mencatat bahwa itu bisa tepat untuk mulai mengurangi ukuran neraca Federal Reserve secara relatif segera setelah mulai menaikkan suku bunga dana federal," bunyi risalah tersebut.

Bahasa tersebut menunjukkan kedalaman konsensus yang telah muncul di The Fed dalam beberapa pekan terakhir mengenai perlunya bergerak melawan inflasi yang tinggi - tidak hanya dengan menaikkan biaya pinjaman tetapi dengan bertindak dengan tuas kedua dan mengurangi kepemilikan bank sentral atas obligasi Treasury dan hipotek. -sekuritas beragun.

The Fed memiliki sekitar $8,8 triliun di neraca, sebagian besar terakumulasi selama pandemi virus corona untuk menjaga pasar keuangan stabil dan menahan suku bunga jangka panjang.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries dan Taurus 7 Januari 2022: Banyak Informasi yang Datang Kepada Anda

Pasar dengan cepat mencatat.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah