Perbedaan dari ATM Bersama, ATM Link dan ATM Prima, Ada Biaya Transaksi, Nasabah Perlu Tahu

- 25 Mei 2021, 07:13 WIB
Manfaatkan jaringan mesin ATM dari bank penerbit kartu debit atau kartu ATM - nya. Cek saldo atau tarik tunai yang menggunakan kartu debit dari bank yang sama dengan mesin ATM - nya akan tetap bebas biaya, alias gratis.
Manfaatkan jaringan mesin ATM dari bank penerbit kartu debit atau kartu ATM - nya. Cek saldo atau tarik tunai yang menggunakan kartu debit dari bank yang sama dengan mesin ATM - nya akan tetap bebas biaya, alias gratis. /Dok.BNI/

PORTAL JOGJA - Berbagai jenis mesin dan jaringan ATM yang tersebar di Indonesia. Meski demikian masih ada beberapa masyarakat yang belum mengerti perbedaan mesin ATM tersebut.
 
Ada ATM Link, ATM Bersama hingga ATM Prima.
ATM Link.

Berikut ini informasi mengenai perbadaan dari ATM Link, ATM Bersama hingga ATM Prima.

1. ATM LINK

ATM LINK adalah jaringan ATM milik BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) antara lain BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN. Saat ini terdapat 53 ribu ATM Link yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: Awalnya Sebut Menjemput Rezeki ke Kudus, Belakangan Dewi Persik Bilang Sekedar Beri Kejutan Pada Teman Bisnis

Baca Juga: Sinetron Badai Pasti Berlalu dan Keajaiban Cinta, Mulai Tayang Malam Ini di SCTV
 
Oleh karena itu ATM Link lebih mudah dijangkau oleh nasabah karena sudah terdapat dimana saja. Mulai tanggal 1 Juni 2021, ATM Link akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 2.500 untuk cek saldo, tarik tunai sebesar Rp 5.000 dan transfer sebesar Rp 4.000.
 
2. ATM Bersama

ATM Bersama merupakan jaringan interbank yang ada di Indonesia. Jaringan ATM ini dimiliki oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik. Sejak didirikan pada tahun 1993, ATM Bersama telah menggabungkan hingga 21 bank dengan 80 ribu mesin ATM yang tersebar di Indonesia.
 
Layanan yang dapat digunakan oleh nasabah adalah mengakses layanan cek saldo, penarikan uang tunai, serta online transfer antarbank. Bank yang telah tergabung dengan jaringan ATM Bersama ini antara lain adalah Bank Daerah (Bank Jatim, Bank DKI, dll), Bank Muamalat, CIMB Niaga, Citibank, HSBC, Bank Bukopin, dan lainnya.

Baca Juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Netizen Tebak Pelaku yang Hamili Elsa, Al Bingung Jelaskan Makam Nindy ke Andin
 
3. ATM Prima

ATM Prima adalah jaringan interbank yang dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. Jaringan bank ini telah terhubung dari 80 bank di Indonesia dan memiliki fitur Online Settlement yang dapat memproses settlement antarbank dalam 1 hari kerja.
 
Yang tergabung dengan ATM Prima antara lain seperti BCA, BRI, OCBC NISP, BNI, CIMB Niaga dan lain-lain. ATM ini telah digunakan lebih dari 73.000 ATM di Indonesia yang dapat melakukan cek saldo, tarik tunai dan transfer antarbank secara online selama 24 jam. ***

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x