5 Tips Mengatur Keuangan, Nomor 3 Bisa Menambah Pundi Uang

- 21 Februari 2021, 15:47 WIB
ilustrasi uang berbunga.
ilustrasi uang berbunga. /Micheile Henderson/unsplash/

PORTAL JOGJA - Pandemi Covid-19 tak terasa sudah menginjak bulan ke-11. Bagaimana perekonomian anda dan keluarga selama pandemi ini? Lancar karena perusahaan anda tetap menggaji secara penuh, masih bersyukur meski gaji dipotong separuh, atau kering kerontang akibat PHK sepihak?

Sebagai tulang punggung keluarga, pasti masalah finansial menjadi prioritas utama untuk menghidupi keluarga. Namun bila kondisi keuangan anda sedang seret, apa yang harus dilakukan?

Apalagi bila anda terjebak sebagai seseorang yang harus menghidupi orang tua, pasangan, dan anak sekaligus. Tentu ini bukan hal mudah.

Baca Juga: Kalina Batal Nikah, Permasalahan Administrasi Jadi Penyebab Utama! Bayu: Papa Sudah Setuju, Tapi Kondisinya

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menghadapi masa sulit ini.

1. Mengevaluasi Sumber Penghasilan

bila saat ini perusahaan masih menggaji anda secara penuh, tentu masih ada rasa aman di dalam dada. Namun harus dipertimbangkan apabila ada kejadian yang tidak diinginkan yang memaksa untuk kehilangan pekerjaan, anda harus menggunakan rencana darurat.

Rencana darurat tidak terbatas hanya untuk pegawai atau pekerja swasta. Namun apapun pekerjaan anda, rencana ini sangat penting dalam kondisi pandemi. Kuncinya satu, berkorban untuk keperluan yang lebih besar.

Aturlah pendapatan anda, berapapun itu menjadi 4 pos. Living, Saving, Parents, Emergency Fund

Halaman:

Editor: Andreas Desca Budi Gunawan

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah