Berawal dari Hobi, Gadis Desa Sukses Budi Daya Daun Mint di Rumah

- 23 Juni 2020, 19:18 WIB
Elisa dan hasil karyanya berkebun di halaman rumah.
Elisa dan hasil karyanya berkebun di halaman rumah. /(intan)

PORTAL JOGJA  -  Berkebun di rumah saat pendemi ternyata bisa dijadikan hobi yang menghasilkan uang. Buktinya Elisa, pegiat tanaman sekulen dan kaktus asli Kabupaten Bantul.

Elisa mulai bercocok tanam sejak tahun 2016. Rumahnya yang hijau dan sejuk telah terlihat dari ujung rumahnya di Kuasen RT 1, Srimartani, Piyungan, Bantul.

Semulanya Elisa hanya hobi berkebun. Eksperimen pertamanya dengan media hidroponik dan aquaponik. Kali pertama mengembangkan tanaman sawi dan selada.

Eksperimen yang gagal membuatnya penasaran.

Baca Juga: Gubernur DIY Sultan HB X Minta Pensiunan Tak Post Power Syndrome

"Awalnya karena seneng aja. Habis itu kok senengnya mati tanamannya. Akhirnya tertantang mau nyoba-nyobain. Terus berkembang dan sampai punya greenhouse yang ada rak-raknya," katanya mengenang.  

Karena kurangnya waktu, Elisa beralih ke media tanam tanah. Proses inilah yang membuatnya kenal dengan tanaman sekulen, kaktus, dan mint. Ketiga tanaman tersebut memiliki peminat sendiri.

Baca Juga: Aa Gym Sampaikan Pesan agar Baim Wong Segera Mengukur Kain Kafan

Penjualan daun mint lebih tinggi daripada kaktus dan sekulen. Permintaan daun mint di pasar sangat menjanjikan.

Cerita Elisa dengan kebunnya kerap dibagikan melalui video yang ditayangkan di youtube channelnya Irukawa Elisa. Elisa kerap membagikan tips dan trik berkebun yang benar.

Halaman:

Editor: Azam Sauki Adham


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x