Investor Waspada! Emas Naik 8,7 Dolar Dipicu Penurunan Imbal Obligasi AS, Saham Asia Melemah

- 10 Februari 2022, 10:56 WIB
Ilustrasi harga emas hari ini. Emas Naik 8,7 Dolar Dipicu Penurunan Imbal Obligasi AS, Saham Asia melemah, investor waspada prospek inflasi dan suku bunga AS
Ilustrasi harga emas hari ini. Emas Naik 8,7 Dolar Dipicu Penurunan Imbal Obligasi AS, Saham Asia melemah, investor waspada prospek inflasi dan suku bunga AS /Pexels/Pixabay/Free-photos/

PORTAL JOGJA - Perdagangan emas pada Rabu 9 Februari 2022 atau kamis pagi WIB ada perubahan.

Hal itu dipicu oleh dolar yang lebih lemah dan penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Disisi lain Reli saham global yang didorong oleh teknologi mendingin di perdagangan Asia pada Kamis pagi, karena investor mengambil sikap yang lebih berhati-hati di tengah ketidakpastian seputar prospek inflasi dan suku bunga.

Namun, imbal hasil obligasi dunia terus menurun dari tertinggi multi-tahun dan dolar di kisaran ketat menjelang laporan inflasi AS yang diawasi ketat, yang akan dirilis di kemudian hari yang seharusnya menawarkan petunjuk baru tentang laju kenaikan suku bunga AS.

Minyak mentah melanjutkan tren naiknya karena penarikan besar dalam persediaan AS menggarisbawahi pengetatan yang sedang berlangsung di pasar.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Senin 24 Januari 2022 Terpantau Stabil

Indeks acuan Nikkei Jepang memulai hari hampir 1,0 persen lebih tinggi sebelum memulai penurunan yang membawanya mendekati wilayah negatif. Kemudian rebound menjadi 0,33 persen lebih tinggi.

Meskipun begitu harga bergerak dalam kisaran yang ketat karena investor menahan diri untuk tidak bertaruh besar menjelang data inflasi AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi Comex New York Exchange, menguat 8,70 dolar AS atau 0,5 persen menjadi menetap di 1.836,60 dolar AS per ounce, menandai kenaikan keempat beruntun.

Berdasarkan kontrak paling aktif, harga mencatat penyelesaian tertinggi sejak 25 Januari, data FactSet menunjukkan.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x