Nasabah Segera Ganti Kartu, Cek Jadwal Pemblokiran Kartu ATM, Biar Tidak Kena Blokir

- 31 Mei 2021, 05:11 WIB
Ilustrasi Kartu ATM Edhy Prabowo
Ilustrasi Kartu ATM Edhy Prabowo /PIXABAY

PORTAL JOGJA - Pemilik kartu debit ATM model magnetic stripes harus segera mengganti kartu baru berbasis chip . Sejumlah bank telah menentukan batas waktu penukaran ke kartu debit chip.

Semua bank juga telah menginformasikan cara menukarkan kartu, lokasinya, beserta batas waktunya. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses migrasi.

Berikut rinciannya bank-ban yang segera melakukan penggantian kartu ATM :

1. Bank Mandiri

Pemegang kartu magnetic stripe Mandiri dapat menukarkan nya di cabang terdekat. Penukaran dilakukan secara gratis. Untuk menukarkan kartu, nasabah hanya harus membawa kartu identitas diri serta debit magnetic stripe.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Lahir Pancasila 2021 pada 1 Jun1, Link Gratis dan Desain Frame Foto Paling Menarik

Baca Juga: 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Berikut Sejarah Terbentuknya BPUKI

Mandiri memiliki dua jadwal pemblokiran dalam program Cleansing Mandiri Debit Magnetic. Dua waktu tersebut adalah kartu dengan expiry date 2023-2025 pada 1 Juni 2021, dan 2026-2030 pada 1 Juli 2021.

2. BRI

Penggantian kartu magnetic stripe dapat dilakukan di 9000 unit kerja seluruh Indonesia dan gratis. Nasabah dapat melakukan penukaran hingga akhir tahun ini.

BRI mengklaim hingga Februari lalu, migrasi kartu mencapai 82%. Direktur Bisnis Konsumen BRI, Handayani mengatakan seluruh migrasi kartu 100% akan terjadi pada September 2021, seperti dikutip dari laman resmi BRI.

3. BCA

Terdapat dua tempat penukaran kartu magnetic stripe yakni melalui layanan customer service di cabang BCA seluruh Indonesia. BCA juga membuka layanannya di mesin dengan self service yakni mesin CS Digital dengan lokasinya dapat dilihat pada laman resmi bank.

Baca Juga: Pembalap Jason Dupasquier Meninggal Dunia Usai Alami Kecelakaan Fatal Saat Babak Kualifikasi

Kartu magnetic stripe BCA sudah tidak bisa digunakan lagi per 1 Januari 2022 mendatang.

4. BTN

Pemegang kartu non chip BTN dapat menukarkan kartunya di seluruh outlet. Penggantian kartu juga bersifat gratis. BTN memutuskan kartu non chip mereka tidak bisa digunakan lagi mulai 7 Juni 2021 mendatang. Namun keputusan itu tidak berlaku untuk sejumlah kartu yakni ATM Bansos, KTM dan Kartu ATM Cermat.

5. Bank Danamon

Pada akun Twitter resminya, Bank Danamon membuka kesempatan para nasabahnya bisa melakukan penukaran di cabang bank terdekat. Sama seperti lainnya, penggantian kartu juga tidak dipungut biaya. Danamon ingatkan kebijakan penggantian kartu itu dilakukan hingga 31 Desember 2021. ***

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x