Harga Emas Dunia Naik 8,1 Dolar, Pasar Abaikan Kenaikan Imbal Hasil Obligasi AS

- 25 Maret 2021, 11:27 WIB
Ilustrasi update harga emas di pegadaian hari ini.
Ilustrasi update harga emas di pegadaian hari ini. /Pixabay/Mwewering/

PORTAL JOGJA - Harga emas dunia menguat pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB). Penguatan ini telah menghentikan penurunan dua hari beruntun, saat para investor mengabaikan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Penguatan dolar karena logam safe-haven menarik dukungan dari seruan berulang Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell untuk menjaga suku bunga rendah mendekati nol.

Keuntungan emas datang meskipun imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang dijadikan acuan dan dolar terus meningkat. Dolar yang lebih kuat membuat memegang emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Pakar Politik Arbi Sanit Tutup Usia, Yusril Ihza Mahendra Ucapkan Belasungkawa dan Akui Pernah Beda Pendapat

Baca Juga: Didik J. Racbini Sebut Jokowi Wariskan Utang Rp10 Ribu T, Roy Suryo Sindir Bisa Bernasib Seperti Mbak You?

Sementara emas bisa naik ke level 1.900 dolar AS lagi, dolar yang kuat, yang tidak mungkin melemah dalam waktu dekat karena penguncian pandemi di Eropa dan potensi kinerja yang lebih baik dari Amerika Serikat dibandingkan ekonomi negara lainnya, tetap menjadi hambatan untuk emas.

Imbal hasil yang lebih tinggi juga menantang status emas sebagai lindung nilai inflasi, karena hal itu diterjemahkan ke dalam peluang kerugian yang lebih tinggi memegang komoditas yang tidak memberikan imbal hasil.

Harga emas tidak mungkin bergerak keluar dari kisaran 1.700-1.750 dolar AS sampai akhir tahun ketika pertumbuhan dan inflasi kemungkinan terhenti karena investor cenderung menyukai aset dan komoditas yang mengikuti inflasi lebih tinggi sampai saat itu, kata Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phillip Streible, di Chicago.

Baca Juga: Imut Banget! Britney Spears Unggah Video Saat Masih ABG Sedang Manggung di Singapura

Baca Juga: Hati-Hati Buat Orang Tua, Jangan Lakukan Ini Saat Berbicara Dengan Anak Anda

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah