Menteri Trenggono: Kebumen Potensial Kembangan 'shrimp estate' Produksi Udang Vaname untuk Ekspor, Dekat YIA

- 14 Maret 2021, 07:30 WIB
Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik, SUPM Tegal hasilkan panen udang vaname lebih dari 5 ton
Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik, SUPM Tegal hasilkan panen udang vaname lebih dari 5 ton /

PORTAL JOGJA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.

Menteri Trenggono saat melakukan kunker di Kebumen menyatakan mendukung pembangunan shrimp estate. Schrimp estate dalam rangka memperbaiki infrastruktur, memperbaharui teknologi, dan meningkatkan produksi udang vaname di Kebumen. Wilayah pantai selatan di Jawa Tengah banyak lokasi untuk budidaya udang vaname.

"Skema shrimp estate ini sekaligus untuk menjamin keberlanjutan usaha dan ekosistem perikanan sebab sudah menggunakan analisis dan perencanaan bisnis yang matang," kata Menteri Trenggono dalam siaran pers di Jakarta.

Baca Juga: Parakan 01, Video Mesum Sepasang Remaja Viral dan Trending Topic di Twitter, Lokasi di Serang Banten

Baca Juga: Apakah Keju Memang Bergizi untuk Tubuh Kita? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dari kunjungannnya itu kata Trenggono, kebanyakan tambak udang vaname di Kabupaten Kebumen menggunakan teknologi semi intensif.

Hasilnya per hektare hanya mampu memproduksi sekitar 10 ton udang vaname di setiap tahun. Sementara tambak intensif bisa menghasilkan sekitar 30 hingga 40 ton per hektare per tahun.

Menurutnya wilayah Kebumen didukung oleh posisi geografis yang sangat cocok untuk pengembangan budidaya udang vaname, yakni di garis pantai selatan yang air lautnya tidak tercemar dan lahan yang tersedia masih luas.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Makanan Beracun di Dunia, No. 3 Semua Orang Indonesia Suka Memakannya

Baca Juga: Juventus, AC Milan, Napoli dan Ikatan Cinta Episode 201 di Jadwal Acara TV RCTI Hari Ini, Minggu 14 Maret 2021

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x