Presiden FIFA Prihatin Atas Penundaan Kualifikasi Piala Dunia

- 19 September 2020, 21:09 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino.
Presiden FIFA Gianni Infantino. /- Foto : FIFA

PORTAL JOGJA - Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Ganni Infantino  menyatakan keprihatinannya atas penundaan partai kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai akibat pandemi COVID-19.

"Saya prihatin dan ini jelas merupakan masalah nyata, terutama jika pandemi tidak berhenti atau mereda, kami tidak mulai bermain dengan cara normal," kata Infantino seperti ditulis Antara.  

Selain penundaan waktu penyelenggaraan, pandemi COVID-19 yang berkepanjangan kemungkinan juga akan membuat FIFA melakukan penyesuaian format turnamen dalam beberapa kasus. "Kami berada di tangan otoritas kesehatan," kata Infantino.

Baca Juga: Lawan Qatar Timnas U-19 Unggul 2-1

Infantino mengatakan bahwa badan sepak bola dunia telah membuka kemungkinan adanya tambahan untuk pertandingan internasional pada Januari 2022. Jika terlaksana ini merupakan sesuatu yang dapat mengecewakan klub-klub Eropa yang harus melepaskan pemain mereka.

Dikutip dari Antara, alternatif solusi yang mungkin diambil adalah memainkan tahap kualifikasi di satu tempat secara terpusat. Akibatnya pertandingan kualifikasi tidak dilakukan dengan format kandang dan tandang.

Infantino menambahkan bahwa slot November dan Desember untuk Piala Dunia 2022 di Qatar setidaknya memberi FIFA ruang untuk bernafas.

Baca Juga: Update Covid- 19 Indonesia. Angka Kasus Baru Hari Ini Kembali 4.000 Lebih

Infantino juga melontarkan kritik terhadap Serie A Italia. Juventus yang telah memenangkan gelar selama sembilan musim terakhir membuat Infantino menyarankan bahwa agar sistem playoff dapat menjadi alternatif dari format konvensional kandang dan tandang untuk liga nasional.***

 

Editor: Siti Baruni

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x