Posisi Kelima untuk Aleix di GP Spanyol, Masalah Teknis di Lap Akhir Bagi Maverick

- 2 Mei 2023, 05:53 WIB
Pembalap Aprilia Aleix dan Maverick saat berlaga di GP Spanyol
Pembalap Aprilia Aleix dan Maverick saat berlaga di GP Spanyol /Aprilia/

PORTAL JOGJA - Sekali lagi di Jerez de la Frontera, putaran balap keempat dari MotoGP, Aprilia tidak kurang dalam hal performa. Pada perputaran klasemen yang cepat; Aleix telah meraih catatan waktu terbaik ketiga dan Maverick pada posisi kedelapan, sementara saat balapan mereka bertahan pada mayoritas lap.

Hal inilah yang membuat para pembalap kesulitan menjadi agresif dan mengubah kecepatan mereka menjadi hasil perlombaan yang menentukan.

Balap hari Minggu, seperti yang terjadi pada hari Sabtu, mendapatkan bendera merah pada lap pertama, menganulir performa Aleix dan Maverick yang berada di grup balap depan. Pada awal kedua, Aleix kehilangan beberapa posisi namun tetap menjaga kontak dengan grup depan. Namun, dia tidak dapat memanfaatkan kecepatannya dan harus puas dengan posisi akhir kelima.

Baca Juga: Pakar Transportasi UGM Menilai Pelaksanaan Operasi Ketupat Progo 2023 Berjalan Efektif

“Pada hal ini, sangat mudah untuk mengatakan bahwa RS-GP tidak dalam performa yang baik. Namun sebaliknya, saya sangat mencintai Aprilia dan saya pikir ini adalah yang tercepat, sangat cepat dibanding dengan beberapa motor lainnya, yang namun, meraih hasil balap yang lebih baik, dan performa kami di Hari Jumat dan hasil kualifikasi membuktikan hal ini. Realita sebenarnya adalah kami sangat kesuliatan jika kami tertinggal. Saya tidak tahu apakah ini dikarenakan oleh pengaturan performa aerodinamika, namun kami perlu melihat hal ini kembali," kata Aleix.

"Sekali lagi hari ini, setelah kecelakaan yang melibatkan Zarco, saya memiliki lintasan yang terbuka di depan saya dan saya kembali menjadi cepat namun di lintasan balap, dapat merebut dan menjadi agresif lebih menentukan daripada sekedar performa. Kami butuh RS-GP untuk dapat bekerja dengan segala kondisi dan memperbaiki performa pada awal balap karena saya yakin bahwa di area lainnya, kami tidak berkekurangan,” lanjutnya.

Baca Juga: 272 Personel Kepolisian Amankan Peringatan Hari Buruh di Bantul

Sementara itu Maverick mengatakan bahwa awal balap pertama sangatlah baik dan yang kedua tidak buruk, namun ia mendapati dirinya beradu dengan Alex Marquez dan kehilangan banyak waktu.

"Hal ini juga karena saya banyak menggunakan ban depan, sangat banyak sehingga saya tidak berada di posisi menyerang di akhir. Sebelum saya akhirnya berhenti saya menyadari beberapa masalah dan saya berupaya untuk tetap mengakhiri balap namun saya tidak bisa," kata Maverick.

"Sangat mudah untuk menjadi marah namun kami perlu melihat sisi baiknya: RS-GP cepat, saya suka ini dan awal pertama saya melakukannya dengan baik, menyelesaikan satu dari masalah kami. Sekarang kami harus tetap bekerja, dimulai dengan balap percobaan besok,” lanjutnya.***

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x