Wasit di Inggris Bakal Ganjar Kartu Merah Bila Pemain Sengaja Batuk ke Lawan

- 5 Agustus 2020, 23:03 WIB
Bakal ada aturan kartu merah baru di sepak bola.
Bakal ada aturan kartu merah baru di sepak bola. /Sky Sport/

PORTAL JOGJA - Pemain sepak bola di Inggris bisa kena kartu merah bila sengaja batuk di depan maupun ofisial. Hal itu terkait protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang belum usai.

Hal itu merupakan salah satu perubahan peraturan pertandingan di musim depan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Baca Juga: Wakil Walikota Yogyakarta: Makan yang Kamu Tanam, Tanam yang Kamu Makan

Salah satu peraturan yang diumumkan adalah larangan batuk dengan sengaja diarahkan ke pemain atau ofisial. Para pemain dianjurkan jika memang batuk, untuk menjauh dari pemain dan ofisial lain.

Wasit bisa mengganjar pemain dengan kartu merah jika dengan sengaja melakukan hal itu. Sebab hal itu dianggap sebagai pelanggaran berat.

“Mengingat kondisi terkait Covid-19, jika seorang pemain dengan sengaja batuk di depan muka pemain lain, staf tim atau ofisial pertandingan, hal itu termasuk pelanggaran seperti menghina,” bunyi pernyataan resmi FA, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Indonesia Butuh 800 Triliun untuk Gerakkan Ekonomi Kembali

"Sama seperti pelanggaran lainnya, wasit harus membuat keputusan yang sesuai. Jika memang tidak disengaja, wasit tak perlu mengambil tindakan. Namun, jika memang cukup dekat dengan pemain lain, wasit diperbolehkan mengambil tindakan,” demikian bunyi pernyataan itu lagi.

Sejumlah peraturan lain sudah dibahas dan dikeluarkan sejak kompetisi kembali bergulir. Salah satunya lagi adalah larangan untuk merayakan gol secara berlebihan dengan berkumpul berdekatan. (*)

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x