Yuk Pelajari 5 Lisensi Kursus Pelatih dalam Sepakbola Indonesia

- 26 Maret 2023, 04:09 WIB
Ilustrasi Pelatih Sepakbola/UNSPLASH
Ilustrasi Pelatih Sepakbola/UNSPLASH /

PORTALJOGJA - Tahukah kamu tentang bagaimana proses menjadi pelatih sepakbola profesional di Indonesia ?

Memang semua bisa menjadi pelatih sepakbola atau ditunjuk menjadi pelatih sepakbola. Namun untuk melatih sebuah tim sepak bola yang mengikuti kompetisi profesional tidak hanya sekedar bisa melatih.

Setiap kompetisi khususnya di Indonesia sudah memiliki regulasi lisensi kepelatihan. pelatih sepakbola diharuskan mengikuti kursus pelatih sepakbola untuk mendapatkan lisensi.

Indonesia sendiri mengacu pada prosedur Asian Football Confederation (AFC) untuk mendapatkan lisensi kepelatihan. Ada lima lisensi kepelatihan menurut AFC, yaitu Lisensi D Nasional, Lisensi C AFC, Lisensi B AFC, Lisensi A AFC, dan Lisensi AFC Pro.

Baca Juga: Terbentuknya Kampung Ramadan Jogokariyan Bermula dari Pengunjung yang Tak Kebagian Takjil

AFC sebenarnya sudah memulai kursus-kursus kepelatihan sejak 1989. Namun, untuk tingkatan C, B, dan A baru dimulai bertahan sejak 1994. Level yang tertinggi yakni AFC Pro baru diperlakukan tahun 2001.

Nah, untuk tahu lebih lengkap tentang kelima macam Lisensi Kepelatihan Sepakbola Indonesia. Yuk kita cek ;

1. Lisensi D Nasional

Tahap pertama untuk mendapatkan lisensi adalah orang tersebut harus mengikuti kursus kepelatihan lisensi D terlebih dahulu. Lisensi D merupakan dasar dan tahap awal karier kepelatihan.

Kursus Lisensi D biasanya bersifat lokal atau Nasional. Kursus ini biasanya diselenggarakan oleh Asprov-asprov PSSI di setiap Provinsi.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: PSSI VOC ASIA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x