Resmi, Sirkuit Mandalika Indonesia Masuk Kalender Balap Motor Superbike 2021

- 1 Desember 2020, 12:30 WIB
Sirkuit Mandalika resmi masuk kalender WorldSBK 2021.
Sirkuit Mandalika resmi masuk kalender WorldSBK 2021. /twitter/@WorldSBK/
PORTAL JOGJA - Kabar menggembirakan bagi dunia olahraga balap motor Tanah Air. Hal ini seiring dengan sudah resminya Sirkuit Mandalika Indonesia masuk dalam kalender sementara ajang balap motor Superbike Dunia, Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) untuk tahun 2021.
 
Federasi Motorsport Internasional, FIM, dan juga Dorna WorldSBK Organization selaku penyelenggara pada Senin, 30 November 2020 kemarin sudah merilis kalender sementara penyelenggaraan WorldSBK 2021.
 
Dilansir dari laman ANTARA, Selasa, 1 Desember 2020, kepastian ini disambut baik oleh CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah yang optimistis jika sirkuit dapat selesai pada pertengahan tahun depan. “Kami optimistis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021,” kata Ricky.
 
Sejatinya, Sirkuit Mandalika hanya berstatus sebagai venue cadangan di MotoGP 2021. Namun di ajang World Superbiki, sirkuit punresmi menjadi tuan rumah WSBK seri ke-11 yang dijadwalkan pada 12-14 November 2021. Balapan di Indonesia ini akan berlangsung sebelum seri di Sirkuit Philip Island,  Australia yang masih harus menyelesaikan pembahasan soal kontrak. 
 
Meski demikian, sesuai catatan penyelenggara, ajang balap motor di Sirkuit Mandalika itu baru bisa berlangsung jika pembangunan sirkuit, yang saat ini sedang dibangun, sudah mendapatkan homologasi FIM.
 
Chief Strategic and Communication MGPA menambahkan bahwa selain MotoGP, Dorna juga memiliki event WorldSBK yang saat ini sedang naik daun, sebagai ajang balap motor komersial yang non-pabrikan. Dorna, lanjut dia, telah memberikan kontrak penyelenggaraan MotoGP dan WorldSBK kepada MGPA.
 
 
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amalis sebelumnya pun optimistis penyelenggaraan MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat bisa terlaksana pada 2021 mendatang.
 
“Kita optimistis tahun 2021, event bergengsi tersebut terlaksana dengan baik di Provinsi NTB. Kita buktikan pada dunia, kita bisa dan mampu menjadi tuan rumah pada event bergengsi tersebut,” ucap Zainudin Amali.
 
Dia mengatakan, tugas pemerintah selanjutnya mempersiapkan segalanya, mulai dari sarana prasarana hingga fasilitas hotel yang memadai. Karena menurutnya, MotoGP tersebut menjadi salah satu cara memperkenalkan kekayaan Indonesia kepada dunia.
 
Sementara itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih atas perhatian kemenpora. Gubernur meminta, seluruh pihak berkolaborasi dalam terlaksananya even tersebut.
“Kalau kita bersama, tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan,” sambung dia. 
Adanya ajang balap motor baik itu MotoGP dan World Superbike, tambah Zulkieflimansyah, menjadi salah satu magnet dalam bidang pariwisata. Tidak hanya pariwisata NTB, tapi juga pariwisata Indonesia. 
 
 
Sebagaimana diketahui, sebanyak 12 sirkuit masuk dalam kalender sementara WSBK 2021, namun masih ada satu seri terakhir atau seri ke-13 yang belum diumumkan. Sirkuit Assen di Belanda menjadi tuan rumah seri pembuka WSBK 2021 yang dijadwalkan pada 23-25 April. Beberapa pekan kemudian WSBK akan berlanjut di Sirkuit Estoril di Portugal pada 7-9 Mei.
 
Namun sirkuit ini masih perlu merampungkan masalah kontrak di musim depan. Selain itu, Portugal juga akan kembali menjadi tuan rumah pada seri kesembilan di sirkuit Arlgarve Partimao pada 1-3 Oktober.
 
Selanjutnya, balapan tetap berlangsung di Benua Biru dimana Italia, Inggris, Prancis, dan Spanyol akan menjadi negara Eropa berikutnya yang menggelar balapan hingga seri kesembilan. WSBK selanjutnya akan menyeberang ke Benua Amerika untuk melanjutkan seri kesepuluh di Sirkuit San Juan Argentina. 
 
 
Berikut kalender provisional WSBK 2021:
1. Sirkuit Assen, Belanda: 23-25 April
2. Sirkuit Estoril, Portugal (STC): 7-9 Mei
3. Aragon, Spanyol: 21-23 Mei
4. Sirkuit Misano, San Marino: 11-13 Juni
5. Donington, Inggris: 2-4 Juli
6. Magny-Cours, Prancis: 3-5 September
7. Barcelona, Catalunya: 17-19 September
8. Sirkuit Jerez, Spanyol: 24-26 September
9. Sirkuit Algarve, Partimao, Portugal: 1-3 Oktober
10. San Juan, Argentina: 15-17 Oktober
11. Sirkuit Mandalika, Indonesia (subject to homologation): 12-14 November
12. Phillip Island, Australia (STC): tanggal menyusul
13. Akan segera diumumkan (TBA) ****
 
 
 

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x