2.518 Calon Mahasiswa Baru Diterima di UGM Lewat Jalur SBMPTN 2020

- 14 Agustus 2020, 18:22 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Universitas Gadjah Mada (UGM). /Bagus Kurniawan/(Bagus Kurniawan/portaljogja.com_

PORTAL JOGJA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 2.518 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.
Pengumuman hasil SBMPTN telah dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia Jumat (14/8) pukul 15.00 WIB melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Wakill Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., menyebutkan dari 2.518 terbagi atas 1.777 orang yang diterima di bidang Saintek dan 741 bidang Soshum. Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP Kuliah sebanyak 336 orang dan reguler 2.182 orang.

Baca Juga: Ini Dia Lirik Lagu Kebyar Kebyar Ciptaan Gombloh

“Sudah serentak diumumkan melalui laman LTMPT pukul 15.00 WIB,”kata Djagal, dalam rilisnya yang diterima portaljogja.com, Jumat (14/8).

Ia menambahkan jumlah keseluruhan peminat SBMPTN yang ingin masuk UGM mencapai 62.507 orang. Prodi dengan jumlah peminat terbanyak untuk Saintek adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Kedokteran Gigi. Sedangkan untuk Soshum meliputi Prodi Psikologi, Hukum, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

Sementara itu, prodi dengan keketatan tertinggi untuk Saintek adalah Kedokteran, Ilmu Komputer, Teknik Biomedis, Teknologi Informasi dan Arsitektur.

Baca Juga: Hari Ini Pengumuman SBMPTN

Untuk Soshum, meliputi Prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, Pariwisata, dan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Djagal menjelaskan proses seleksi SBMPTN tahun ini dilakukan berdasar hasil UTBK yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Bagi calon mahasiswa yang diterima di UGM harus melakukan registrasi dan mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui um.ugm.ac.id/admisi mulai tanggal 15 sampai dengan 20 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x