Alasan Mengapa Umat Islam Mencium Hajar Aswad, Salah Satunya Sunnah

- 4 Mei 2021, 13:19 WIB
ILUSTRASI mencium Hajar Aswad.
ILUSTRASI mencium Hajar Aswad. /NU Online

PORTAL JOGJA - Selain fakta bahwa Hajre Aswad adalah batu dari Surga, ada banyak hadis Nabi Muhammad yang membuktikan kesucian dan penghormatan batu dan jenis signifikansi yang ada dalam Islam dan bagi umat Islam.

Melansir dari quranreading.com, di bawah ini terdapat beberapa hadis Rasulullah SAW yang menunjuk pada pentingnya dan perawakan Hajar Aswad dalam Islam dan cara seorang Muslim hendaknya mempersepsikannya.

Nabi Muhammad SAW bersabsa dalam salah satu hadis-hadis-Nya:

Baca Juga: Batu Suci Hajar Aswad Diunggah Instagram Resmi Kepresidenan Urusan Haramain, Apa Sebenarnya Batu Tersebut?

"Demi Allah! Pada hari Qiyaamah, Allah akan mempersembahkan Hajar Aswad sedemikian rupa sehingga memiliki dua mata dan lidah untuk bersaksi kepada Imaan (iman) dari semua orang yang menciumnya." (Tirmidhi)

Hadis ini menunjuk pada ciuman Hajar Aswad dan bagaimana hal itu akan bersaksi untuk iman orang-orang yang telah menciumnya pada Hari Penghakiman. Oleh karena itu, Hajar Aswad bukanlah batu biasa dan juga bukan ciuman itu sebagai mencium beberapa batu biasa, melainkan memegang kepentingan yang akan terpapar pada orang tersebut pada Hari Penghakiman.

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Hajar Aswad dan al-Maqam (Ibrahim) adalah dua permata dari permata surga. (Dan seandainya Allah tidak menyembunyikan) tidak menghapus (ayat-ayat mereka) yang menunjukkan kebenarannya (tentulah mereka akan mengetahui) bahwasanya mereka adalah orang-orang yang berpandangan tinggi dan berhubungan dengan adanya' (dan di antara keduanya) yakni orang-orang yang beriman(1).” (Tirmidhi)

Baca Juga: Pertama Dalam Sejarah, Dunia Dapat Melihat Secara Jelas Batu Suci Hajar Aswad

Halaman:

Editor: Andreas Desca Budi Gunawan

Sumber: Quranreading, Islamiclandmarks


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X