Kerugian Akibat Investasi Bodong di Indonesia Capai Rp. 92 Triliun

- 23 Oktober 2020, 17:59 WIB
Ilustrasi investasi bodong. OJK akan melakukan edukasi agar investasi ilegal bisa diminimalisasi
Ilustrasi investasi bodong. OJK akan melakukan edukasi agar investasi ilegal bisa diminimalisasi /Pexels/Pixabay

PORTAL JOGJA - Kasus investasi ilegal alias bodong di Indonesia masih sering terjadi. Masyakarat perlu diedukasi agar tidak salah pilih dalam melakukan investasi.

Dalam kurun waktu 10 tahun, kasus investasi investasi bodong mengakibatkan kerugian sekitar Rp92 triliun. Nilai sebesar itu terhitung dalam kurun waktu dari 2009 hingga 2019.

Berdasarkan data dari Satgas Waspada Investasi, Investasi bodong telah menelan kerugian besar bagi masyarakat Indonesia. Selama kurun waktu 10 tahun terakhir jumlahnya mencapai angka fantastis Rp 92 Triliun.

Hal ini terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang terjebak oleh iming iming kemudahan dan keuntungan investasi yang tinggi.

Baca Juga: Menkeu Minta Maksimalkan Penggunaan APBN untuk Respons Dampak Covid-19

"Investasi ilegal saat ini memang masih kerap terjadi di kalangan masyarakat. Modusnya beragam mulai dari investasi yang menawarkan keuntungan puluhan persen dalam waktu cepat hingga keuntungan jika mendapatkan member baru," ungkap Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing dalam avara Capital Market Summit Expo (CMSE) di Jakarta yang dilansir dari Antara, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya dalam 10 tahun terakhir jumlah kerugian karena investasi bodong tercatat sangat besar. Hal ini membuktikan, bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap transaksi investasi ilegal masih sangat lemah.

“Meski banyak yang sudah terungkap atau tertangkap, namun pelaku investasi bodong tetap saja memiliki modus terbaru dalam melancarkan aksinya. Awal tahun ini saja, kita dengar ada kasus investasi bodong memiles yang melibatkan sejumlah artis, pejabat dan tokoh masyarakat sebagai penglaris," kata Tongam.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Baca Juga: ShopeePay Perluas Jangkauan ke Lebih dari 500 Outlet Planet Ban

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x