Pemkab Kulon Progo Optimalkan Bendung Kamijoro jadi Pemasok Air Bersih

- 29 Juli 2020, 06:01 WIB
Rakor Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.
Rakor Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. /(gendon ramadhan)

PORTAL JOGJA - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo  akan mengoptimalkan Bendung Kamijoro di Kapanewon Lendah. Skenarionya, bendungan ini akan diproyeksikan mencukupi kebutuhan air bersih bagi penduduk.

Tercatat sebanyak enam kapanewon wilayah Selatan dan Utara yang akan mendapatkan pasokan air.  Mereka adalah rumah tangga non rumah tangga.

Bendung Kamijoro saat ini mampu mensuplai air bersih hingga 912 liter per detik. Adalah PT Tangguh Indo Kimia (TIK) dan PT Varsa, pihak swasta yang digandeng Pemkab Kulon Progo untuk menggarap air bersumber dari Bendung Kamijoro.

Baca Juga: KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan 3 Kereta Jarak Jauh Mulai 30 Juli

Rencana tersebut semakin matang setelah Pemkab Kulon Progo melakukan pertemuan dengan PT Tangguh Indo Kimia (PT TIK) dan PT Varsha di Wates,  27 Juli lalu.

Pertemuan menindaklanjuti kerjasama  PT Tirta Binangun dengan PT TIK dan PT Varsa. Kerjasama ini berupa pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lendah.

Baca Juga: Musin Kemarau Tiba, Suhu di Yogya Mulai Dingin

Pertemuan dihadiri Bupati Drs H Sutedjo, Wakil Bupati Fajar Gegana, Direktur Utama PDAM, H Jumantoro SE.

Juga hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPK), Ir Gusdi Gartono M T; Asisten Daerah II, Bambang Tri Budi Harsono;  dan perwakilan dari PT Tangguh Indo Kimia dan PT Varsha Zamindo Lestari.

Baca Juga: Haji 2020, Air Zamzam Dibagikan dengan Botol

Halaman:

Editor: Azam Sauki Adham


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x