BRI Mulai Cairkan KUR Maret Ini, Yuk Cek Syaratnya!

- 9 Maret 2023, 05:27 WIB
Ilustrasi KUR BRI
Ilustrasi KUR BRI /Pixabay/Igbalnuril

PORTAL JOGJA - Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbukti membantu permodalan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 2022. Pemerintah pun mendorong seluruh lembaga keuangan termasuk bank untuk berkontribusi dalam pengembangan UMKM sekaligus menggerakkan ekonomi nasional agar tumbuh dengan cepat dan baik.

Terkait dengan penyaluran KUR 2023, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan dari alokasi KUR oleh pemerintah sebesar Rp 450 triliun pada tahun ini, BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp 270 triliun. Untuk tahap awal pencairan KUR 2023 pada Maret 2023 ini telah dialokasikan KUR sebesar Rp 12 triliun.

Supari menambahkan BRI menyalurkan KUR total sebesar Rp 252,38 triliun kepada 6,5 juta debitur dengan mayoritas disalurkan kepada sektor produksi di sepanjang 2022 lalu. BRI juga terus menjaga kualitas KUR yang disalurkan, hal tersebut tercermin dari Non Performing Loan (NPL) KUR BRI pada akhir Desember 2022 sebesar 0,83%.

Baca Juga: Bangsal Siti Hinggil Keraton Yogyakarta, Tempat Soekarno Dilantik Sebagai Presiden RIS

Lebih lanjut, Supari mengatakan digitalisasi memberikan dampak positif terhadap penyaluran KUR BRI.

"Melalui BRISPOT, BRI dapat terus memperbarui operating model end to end tenaga pemasar, yang berdampak terhadap produktivitas 27.000 mantri BRI. Berkat keberadaan BRISPOT, BRI saat ini mampu mencairkan KUR sebesar Rp 1 triliun per harinya," jelas Supari dalam keterangan persnya pada Selasa (7/3)

Tidak hanya fokus dalam penyaluran, BRI juga telah menyiapkan strategi untuk menjaga kualitas kredit KUR yang disalurkan. Di antaranya melalui optimalisasi success rate restruk, monitoring secara berkala penyaluran KUR, serta menggunakan data analytic untuk memperkuat proses credit underwriting.

"Selain menyalurkan KUR, BRI berkomitmen akan terus berperan aktif membantu pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha mikro Indonesia melalui financial literacy, social economic empowerment, digital penetration, dan penyaluran program-program Pemerintah. Hal tersebut tak lain untuk mendorong momentum pertumbuhan perekonomian grass root serta untuk mendukung penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia," tegasnya.

Program KUR UMKM hingga ultra mikro menurutnya efektif menjangkau masyarakat Indonesia dan mendorong pelaku usaha naik kelas. Apa saja sih syarat untuk mendapatkan KUR BRI ini, Yuk simak keterangan berikut ini.

Baca Juga: Panjat Tebing: Olahraga Mental Melawan Rasa Takut

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: BRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x