Investasi Emas di Masa Pandemi, Ini Pilihannya

- 18 Juli 2020, 09:56 WIB
ilustrasi emas
ilustrasi emas /

PORTAL JOGJA - Banyak calon investor yang masih bingung untuk menempatkan dananya di berbagai pilihan investasi saat pandemi Covid-19. Ada yang memilih invetasi emas karena harga jual yang terus naik saat ini.

Namun juga ada yang memilih investasi lain. Bahkan ada yang menyarankan untuk menahan dulu untuk berinvestasi dengan tujuan melihat situasi apakah sudah normal atau belum.

Bagi masyarakat Indonesia, emas selalu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menyimpan harta kekayaan khususnya bagi ibu-ibu. Di masa pandemi ini banyak yang mengonversi uang tunai ke dalam bentuk emas karena berbagai macam alasan seperti ketidakpastian ekonomi di masa depan, inflasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Daftar 5 Laptop Harga 5 Jutaan untuk Anak Sekolah

Pada masa pandemi Covid-19 ini harga emas mengalami lonjakan cukup signifikan. Seperti dikutip dari warta ekonomi, sebelum menentukan pilihan investasi emas, ada baiknya mengenal empat jenis emas yang biasa atau mungkin cocok dijadikan pilihan investasi.


1. Emas Perhiasan

Emas perhiasan merupakan salah satu jenis emas yang paling banyak dikoleksi atau disimpan oleh ibu-ibu. Tujuan utama mereka membeli emas perhiasan untuk digunakan sebagai aksesoris entah untuk harian atau acara-acara formal tertentu. Namun, masih banyak juga yang beranggapan emas perhiasan cocok untuk dijadikan investasi meskipun nilainya akan mengalami penurunan ketika dijual.

Baca Juga: Negara Mana di ASEAN yang Bakal Menyusul Resesi Singapura

2. Emas Batangan

Emas batang menjadi jenis emas yang umum dijadikan oleh sebagian besar orang untuk menjaga nilai lindung uang mereka atau istilahnya hedging. Selain menjaga nilai lindung uang, emas batang bisa dibilang memiliki kadar emas yang murni.

Emas batang kebal terhadap inflasi, meskipun bisa mengalami penurunan tapi secara rata-rata emas batang selalu mengalami kenaikan. Dengan demikian, emas batang kerap kali menjadi barang berharga untuk menyimpan kekayaan.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x