5 Pertanyaan yang Perlu Ditanyakan Saat Membeli Rumah, Nomor 2 Perlu Banyak Pertimbangan

- 4 Maret 2021, 08:30 WIB
ilustrasi rumah-rumah.
ilustrasi rumah-rumah. /Maximillian Conacher/Unsplash/

PORTAL JOGJA - Program pemerintah yang berkaitan dengan kebijakan rumah memudahkan untuk memilih rumah yang anda inginkan. Pemerintah memberikan KPR DP 0 persen serta insentif penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi rumah siap huni.

Namun bukan berarti anda dapat sembarang membeli rumah murah dengan adanya kebijakan ini. Ada 5 pertanyaan yang harus anda catat sebelum membeli rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Membeli rumah dapat membuat stres, membingungkan dan memakan waktu lebih dari yang anda kira. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap membeli rumah seperti menemukan jodoh, butuh waktu lama.

Tak heran, karena membeli rumah untuk kebanyakan orang, merupakan investasi yang sangat besar, bahkan seringkali investasi sekali seumur hidup. Jadi memang harus banyak yang dipertimbangkan sebelum memutuskan menandatangani kontrak pembelian.

Baca Juga: Jelang Subuh, Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,2 Km

Ada lima pertanyaan yang harus anda tanyakan saat membeli rumah, pastinya pertanyaan ini akan mempermudah anda menemukan rumah impian.

1.Berapa banyak budget yang saya butuhkan?

Saat ini meskipun pemerintah memberikan DP nol persen dan bahkan insentif pajak PPN bagi rumah siap huni, bukan berarti anda hanya perlu menyediakan uang untuk pembelian saja.

Bila membeli rumah baru, seringkali belum dapat langsung ditempati. Misalnya menambahkan bagian dapur, carport, mengecat ruangan atau menambahkan wallpaper yang sesuai. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan biaya untuk pindahan dari rumah lama ke kediaman baru, mengisi dengan barang-barang yang sesuai dan kemungkinan juga membeli AC baru.

Halaman:

Editor: Andreas Desca Budi Gunawan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x