Bursa Saham: IHSG Ditutup Pada Zona Merah, Ada Dua Faktor Pemicu Utama Menurut Analis

- 26 Januari 2021, 17:51 WIB
Ilustrasi Pergerakan Saham
Ilustrasi Pergerakan Saham /pixabay/Karawangpost

PORTAL JOGJA - Pada perdagangan hari ini, Selasa 26 Januari 2021, indeks harga saham gabungan (IHSG) akhirnya di tutup melemah ke zona merah.

IHSG ditutup melemah -118 poin atau -1.89 persen pada level 6,140 dari hari sebelumnya yang berada di level 6,252 ketika penutupan Senin sore.

Sektor properti dan pertanian menjadi kontributor terbesar bagi pelemahan indeks harga saham gabungan hari ini. Masing-masing sektor ini mengalami pelemahan -11 poin (-2.90 persen) dan -38 poin (-2.70 persen).

Baca Juga: Status Merapi Masih Siaga, 187 Pengungsi di Glagaharjo Sleman Diperbolehkan Pulang

Tim Riset Indo Premier Sekuritas memaparkan jika terdapat dua alasan kuat yang mendorong pelemahan IHSG pada perdagangan kali ini.

"Diperpanjangnya PPKM Jawa Bali dan aksi panic selling di beberapa emiten lintas sektor menjadi sentimen negatif yang menekan pergerakan indeks harga saham gabungan," papar Tim Riset Indo Premier Sekuritas.

Walaupun ditutup melemah di zona merah, laju pergerakan IHSG kali ini cukup bervariasi, bahkan sempat bergerak naik.

Baca Juga: Pria Harus Tau! 4 Hal Sepele ini Dapat Membuat Wanita Jatuh Hati, Salah Satunya Berterimakasih

Optimisme akan laporan kinerja keuangan emiten tekonologi di bursa Wall Street dan disetujuinya Janet Yellen oleh senat sebagai calon mentri keuangan yang memperbesar peluang era stimulus fiskal longgar serta berlanjutnya aksi beli investor asing sempat menjadi sentimen positif di pasar.

Halaman:

Editor: Andreas Desca Budi Gunawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x